Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tanah Sebagai Dasar Penilaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) (Studi pada Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar),

Ambarwati, Lusi (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tanah Sebagai Dasar Penilaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) (Studi pada Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) merupakan dasar pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diperoleh dari penilaian atas tanah dan/ atau bangunan. Dengan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai tanah dan/ atau bangunan, diharapkan dapat memudahkan dalam pelaksanaan penilaian sehingga tepat dalam penentuan NJOP PBB. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tanah sebagai dasar penilaian NJOP PBB studi pada Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen yaitu nilai tanah, sedangkan variabel independennya adalah fisik tanah, aksesibilitas, faktor sosial, faktor ekonomi, pemerintah, legalitas tanah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner pada warga di Kecamatan Sananwetan dan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang dikumpulkan melalui instansi terkait maupun media internet. Metode pengumpulan sampel adalah Purposive Sampling dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fisik tanah berpengaruh positif signifikan terhadap nilai tanah, (2) Aksesibilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai tanah, (3) Faktor Sosial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai tanah, (4) Faktor Ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap nilai tanah, (5) Pemerintah berpengaruh positif signifikan terhadap nilai tanah, (6) Legalitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai tanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/590/051608938
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:43
Last Modified: 11 Oct 2016 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118929
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item