Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai seksi PKC di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabay

Hayati, PutriRahma (2016) Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai seksi PKC di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabay. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh simultan dan parsial variabel gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai seksi PKC di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan bersifat penjelasan (explanatory research), jumlah sampel pada penelitian ini adalah 130 pegawai. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan komputer dengan menggunakan program SPSS v 17.00 for Windows. Hasil pengujian hipotesis diketahui Sig. F ≤ α (0,000 ≤ 0,05) menunjukan ada pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel gaya kepemimpinan (X1), motivasi (X2), dan disiplin kerja (X3) terhadap kinerja karyawan (Y). Dan diketahui Sig. t ≤ α (0,000 ≤ 0,05) untuk variabel gaya kepemimpinan (X1) terhadap kinerja karyawan (Y), Sig. t ≤ α (0,017 ≤ 0,05) motivasi (X2) terhadap kinerja karyawan (Y), Sig. t ≤ α (0,001 ≤ 0,05) disiplin kerja (X3) terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil tersebut menunjukan adanya pengaruh parsial antara variabel gaya kepemimpinan (X1),, motivasi (X2), dan disiplin kerja (X3) terhadap kinerja karyawan (Y). Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,623 atau 62,3%. Hal ini menunjukan bahwa kontribusi variabel gaya kepemimpinan (X1), motivasi (X2), dan disiplin kerja (X3) terhadap Kinerja Pegawai (Y) sebesar 62,3% sedangkan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar tiga variabel bebas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada seksi PKC di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya untuk dapat mempertahankan variabel-variabel tersebut dalam membuat kebijakan dan keputusan dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai, selain itu pegawai diharapkan senantiasa menunjukkan kedisiplinan dengan mematuhi SLA dan 5R, serta menepati janji layanan yang telah dibuat. Pimpinan harus lebih memperhatikan laporan pelaksanaan tugas terkait pemberian jadwal yang diberikan kepada pegawai dengan mengevaluasi apakah terdapat kendala atau masalah yang terjadi selama pelaksanaan tugas, selain itu memperhatikan keterkaitan hubungan dengan bawahan dengan menjalin hubungan yang harmonis agar terjalin kerjasama yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pegawai di seksi PKC dan dalam hal peningkatan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/583/051608931
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2016 15:37
Last Modified: 10 Oct 2016 15:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118921
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item