Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mojokerto),

Hasanah, Maulianni (2016) Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mojokerto),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan suatu konstribusi wajib kepada negara, pengelolaan pajak di Indonesia dikelola oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dibawah struktur organisasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) ditunjuk pemerintah sebagai lembaga yang bertugas menghimpun pajak melakukan reformasi perpajakan agar dapat mencapai penerimaan pajak sesuai dengan anggaran pendapatan yang telah ditetapkan. Komponen-komponen sistem informasi seperti hardware dan software yang baik akan menunjang upaya modernisasi administrasi serta penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional juga memperbaiki dan mengingatkan sistem informasi dalam administrasi perpajakan dengan menggunakan teknologi informasi (TI). Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Direkorat Jendral Pajak (SIDJP) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mojokerto dan hambatan serta upaya mengatasi hambatan pada penggunaan aplikasi Sistem Informasi Direkorat Jendral Pajak (SIDJP) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Peneliti memfokuskan pembahasan mengenai kepuasan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Direkorat Jendral Pajak (SIDJP) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mojokerto serta hambatan dan upaya cara mengatasi hambatan pada penggunaan aplikasi Sistem Informasi Direkorat Jendral Pajak (SIDJP) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mojokerto. Hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti ialah aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) dari sisi kepuasan untuk kelengkapan isi, Keakuratan data, Format atau menu, dan ketepatan waktu kurang sempurna dikarenakan aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) masih sederhana. Tetapi untuk kemudahan dalam pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) mendukung pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan dilihat dari aplikasi yang ada di Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) dapat dimengerti oleh pengguna. Hambatan yang peneliti ketahui adalah ketergantungan sistem dan jaringan internet, aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) sering mengalami error sehingga membutuhkan waktu yang lebih, adanya ketidak sesuaian antara aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) dengan aplikasi lainnya, dan menu yang terdapat pada aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) masih sederhana. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah menambahkan kapasitas kuota aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP), menambahkan kapasitas jaringan internet, dan menambahkan menu atau format yang terdapat pada aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP). Hal ini bertujuan agar penggunaan aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) merasakan puas dalam menggunakan sistem informasi baik menunjung kinerja maupun menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/576/051608924
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2016 13:37
Last Modified: 10 Oct 2016 13:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118913
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item