Implementasi Program Stelsel Aktif Pembuatan Kartu Keluarga Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang)

Rahmitawati, Dita (2016) Implementasi Program Stelsel Aktif Pembuatan Kartu Keluarga Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis pelayanan publik yang mendasar adalah pelayanan disektor administrasi kependudukan. Untuk itu pada tanggal 24 Desember 2014, pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 melakukan perubahan atas Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Ada 12 perubahan substansi yang mendasar dalam Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 salah satunya adalah stelsel aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi program stelsel aktif pembuatan Kartu Keluarga serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi implementasi program stelsel aktif pembuatan Kartu Keluarga di Kelurahan Penanggungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan implementasi program stelsel aktif pembuatan Kartu Keluarga dari sisi komunikasi sudah terlaksana dengan baik. Pada sisi Sumber Daya yang ada dilihat dari kecukupan dan kualifikasi staf pelaksana sudah cukup baik; kemudian kewenangan dalam pelaksanaan Program Stelsel Aktif pembuatan KK terbagi menjadi beberapa bagian yaitu yang berwenang dalam pembuatan/ perencanaan program, kewewenangan dalam mengesahkan program, kewenangan pada tahap sosialisasi, dan kewenangan pada tahap pelaksanaan; informasi dalam Pelaksanaan Program Stelsel Aktif Pembuatan Kartu Keluarga sudah baik; sarana dan prasarana pendukung Program StelselAktif pembuatan KK dibagi menjadi 2 yaitu pertama sarana dan prasarana untuk pelayanan di Kelurahan (Kelurahan Penanggungan). Selanjutnya sikap staf pelaksana pelayanan di kantor kelurahan penanggungan secara umum sudah baik. Dan yang terakhir struktur badan pelaksana implementasi Program Stelsel Aktif Pembuatan KK sudah berjalan dengan baik. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan program stelsel aktif pembuatan KK adalah kebijakan pelayanan gratis, pelayanan yang bersifat mendekat kepada masyarakat serta adanya respon yang cepat terhadap keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah sumber daya manusia yang kurang teliti dan juga waktu penyelesaian yang lama. Kesimpulan dari penelitianini adalah implementasi program stelsel aktif pembuatan KK di Kelurahan Penanggungan dapat dikatakan cukup baik karena dari sekian faktor tentang pelaksana kebijakan sudah terlaksana dengan baik, namun masih ditemukan beberapa faktor yang menjadi penghambat. Saran yang direkomendasikan antara lain: agar meningkatkan pengawasan kinerja staf supaya ketidaktelitian petugas bisa diminimalisir serta Dispendukcapil Kota Malang agar memangkas tahapan penyelesaian Kartu Keluarga, aktor-aktor yang sekiranya tugasnya hanya mengulang tugas yang sudah dilaksanakan agar dikurangi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/563/051608911
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2016 13:43
Last Modified: 07 Oct 2016 13:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118899
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item