Lutfih, Chamiddatul (2016) Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Kementerian Agama Bidang Pelayanan Haji dan Umroh di Kabupaten Jombang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Prestasi kerja pegawai atau kinerja pegawai bidang pelayanan haji dan umroh yang baik dalam menjalankan tugas dan menjalankan proses pelayanan sangat penting dilakukan untuk mencapai kepuasan masyarakat sekaligus untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu diperlukan penilaian kinerja atau penilaian prestasi kerja untuk melihat sejauh mana tugas yang diberikan pada pegawai dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis penilaian prestasi kerja pegawai dalam bidang pelayanan haji sekaligus mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kinerja pegawai. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) penilaian prestasi kerja pegawai kantor Kementerian Agama bidang pelayanan haji dan umroh di Kabupaten Jombang, yang ditinjau dari unsur: penilaian SKP (Sasaran Kerja Pegawai) dan penilaian perilaku kerja; (2) faktor pendukung dan penghambat penilaian prestasi kerja pegawai kantor Kementerian Agama bidang pelayanan haji dan umroh di Kabupaten Jombang. Analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Milles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penilaian prestasi kerja pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang khususnya bidang pelayanan haji dan umroh telah dilakukan dengan baik sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai SKP dan nilai perilaku kerja yang sekaligus menyebabkan nilai prestasi kerja pegawai dinyatakan baik. Adanya peningkatan tersebut disebabkan karena adanya orientasi pelayanan, komitmen, integritas yang tinggi, disiplin dan kerjasama yang baik antar pegawai bidang pelayanan haji. Selain itu peran dari pimpinan dan juga rekan kerja dalam memotivasi serta memberi arahan juga sangat berpengaruh pada peningkatan kinerja pegawai. Faktor pendukung penialaian prestasi kerja pegawai pelayanan haji dan umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang yaitu adanya pelatihan atau kegiatan yang menunjang kinerja pegawai bidang pelayanan haji, bantuan dari rekan kerja dan adanya pimpinan yang simpatik. Pegawai pelayanan haji dan umroh juga mengalami hambatan dalam menjalankan kinerjanya yaitu kurangnya pegawai dalam proses pelayanan pendaftaran dan pembatalan haji dan kurangnya sarana prasarana seperti jumlah komputer, ruang pelayanan yang sempit dan ruang tunggu yang kurang memadahi. Saran yang dapat peneliti berikan adalah penambahan jumlah pegawai yang bertugas melayani pendaftaran haji dan umroh, sebaiknya segera melengkapi sarana dan prasarana agar nilai prestasi kerja pegawai dalam menjalankan tugas dapat terus meningkat, dan juga adanya peningkatan kerjasama antara kepala bidang dan seluruh pegawai untuk mencapai kepuasan masyarakat dan mencapai tujuan organisasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/557/051608905 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 10:47 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 10:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |