Rahayu, RahmaAgustin (2016) Kebijakan Pendidikan Inklusif Serta Dampaknya Terhadap Individu Guru Pembimbing Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Studi Di Kabupaten Sidoarjo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan bagian dari warga Negara Indonesia yang berhak mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak lainnya. Pendidikan Inklusif merupakan pendidikan yang menggabungkan siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang sama tanpa adanya diskriminasi. Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu daerah penyelenggara pendidikan inklusif di Jawa Timur, SDN Lemahputro 1 Sidoarjo dan SMPN 4 Sidoarjo sebagai salah satu sekolah percontohan pendidikan inklusif di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis kebijakan pendidikan inklusif di Sidoarjo serta dampak kebijakan pendidikan inklusif terhadap individu guru ABK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana (2014), yang didalamnya memuat pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif bertujuan untuk menyetarakan pendidikan. Keberhasilan suatu kebijakan juga ditentukan oleh adanya manajemen pendidikan yang baik. Manajemen tersebut meliputi pembuatan kurikulum, pendidik dan tenaga pendidik, sarana dan prasarana serta kerjasama Dinas dengan lembaga terkait. Kurangnya GPK dan kurangnya pengalaman GPK berdampak pada individu GPK itu sendiri, diantaranya dampak biologis, dampak psikis, serta dampak ekonomi. Saran dari peneliti adalah perlu meningkatkan kemampuan dan pengalaman GPK dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang lebih intensif mengenai pendidikan inklusif, perlu memberikan pedoman pendidikan inklusif agar sekolah dapat melaksanakan belajar mengajar dengan baik, serta perlu menambahkan sarana dan prasarana berupa alat terapi untuk anak yang kesulitan untuk berjalan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/549/051608897 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 13:51 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 13:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |