Fajriyah, UlyLathifatul (2016) Implementasi Program Alih Media dan Teleconference untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Pencatatan Sipil (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan hal yang penting dalam mewujudkan pelayanan yang efektif dan efisien. Menguatnya sistem teknologi dan informasika memunculkan electronic government dalam bentuk program Alih Media dan Teleconference yang menawarkan kemudahan dalam proses pelayanan adminsitrasi kependudukan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Implementasi program Alih Media dan Teleconference untuk meningkatkan pelayanan di bidang pencatatan sipil di Kota Malang, meliputi aspek: komunikasi sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi; (2) Faktor penghambat dan pendukung implementasi program Alih Media dan Teleconference. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Milles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, implementasi program Alih Media dan Teleconference sudah cukup baik. Komunikasi program dilakukan melalui bimbingan Teknis (Bimtek), evaluasi untuk memonitor kinerja, pengarahan, rapat koordinasi, dan sosialisasi pada masyarakat. Sumberdaya dalam implementasi program tersebut meliputi sumberdaya manusia yang sudah mencukupi kebutuhan, dan fasilitas atau sarana prasarana seperti perangkat komputer lengkap dan internet yang memadai, meskipun pada beberapa kelurahan jaringan internet sering terganggu. Kecenderungan sikap pelaksana yang mendukung adanya program tersebut diwujudkan dalam kemauan untuk melaksanakan dan mengakui bahwa program ini sangat membantu pelaksana dalam melakukan pelayanan, serta sangat efektif dan efisien. Aspek struktur birokrasi dilihat dari adanya penerapan pelayanan sesuai SOP Pelayanan Kelurahan dalam mengimplementasikan program Alih Media dan Teleconference. Faktor pendukung implementasi program Alih Media dan Teleconference adalah jaringan internet pada Dinas dan Sarana Komputer yang memadai, dukungan dari para pelaksana program yang kuat, dan adanya koordinasi yang baik dengan pihak terkait. Faktor penghambat meliputi, jaringan internet di kelurahan kurang kuat, kemampuan komunikasi petugas operator kelurahan kurang, serta karakter dan pengetahuan masyarakat yang berbeda. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya sosialisasi lebih lanjut kepada masyarakat, menstabilkan jaringan internet, dan meningkatkan kemampuan operator kelurahan dalam komunikasi kepada masyarakat, agar permasalahan berkas bisa cepat diatasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/547/051608895 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 13:44 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 13:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |