Implementasi Program Gerakan Membangun Ekonomi Rakyat Lamongan Berbasis Pedesaan (GEMERLAP) dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pedesaan (Studi di Kampung Kerapu Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamat

Sari, RiaFatma (2016) Implementasi Program Gerakan Membangun Ekonomi Rakyat Lamongan Berbasis Pedesaan (GEMERLAP) dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pedesaan (Studi di Kampung Kerapu Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampung Kerapu, Dusun Kentong merupakan wilayah pedesaan dengan potensi di bidang perikanan laut yang dikelola oleh kelompok. Potensi tersebut dikembangkan karena nilai jual dari ikan kerapu yang tinggi dan jarangnya budidaya ikan kerapu di daerah lain, sehingga usaha budidaya ikan kerapu ini mampu menggerakkan ekonomi masyarakat desa. Penelitian ini membahas tentang bagaimana implementasi program GEMERLAP di Kampung Kerapu Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan? Bagaimana dampak dari adanya program GEMERLAP dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kampung Kerapu Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Fokus pertama penelitian ini tentang aktor dan organisasi dalam pelaksanaan program GEMERLAP dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam program GEMERLAP. Fokus kedua, mengenai pendapatan dan kesempatan kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Creswell dengan pendekatan linear. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program GEMERLAP di Kampung Kerapu dalam hal teknis telah dilaksanakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Perikanan dan Kelautan, dan UPT Dinas Perikanan dan Kelautan. Sedangkan dari sisi kelembagaan belum terlaksana. Kegiatan yang dilaksanakan di Kampung Kerapu meliputi sosialisasi, penetapan lokasi dan calon penerima bantuan, pembinaan, penyaluran bantuan, serta monitoring dan evaluasi. Dampak yang ditimbulkan dari adanya program GEMERLAP di Kampung Kerapu yaitu meningkatnya pendapatan kelompok Bhakti Usaha II. Namun, dari segi kesempatan kerja masih memiliki pengaruh dalam jumlah kecil. Saran yang dapat peneliti ajukan adalah perlunya meningkatkan kapasitas dari pelaksana teknis yaitu Dinas Perikanan dan Kelautan serta UPT Dinas Perikanan dan Kelautan; pemerintah daerah seharusnya menambah dan memanage dengan baik anggaran dana program GEMERLAP; Pokdakan Bhakti Usaha II seharusnya menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam mengatasi masalah; perlu melanjutkan program GEMERLAP di Kampung Kerapu Dusun Kentong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/537/051608885
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2016 10:42
Last Modified: 10 Oct 2016 10:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118870
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item