Isnaini, Faridha (2016) Inovasi Klinik Koperasi dan UMKM untuk Meningkatkan Pelayanan Bagi Koperasi dan UMKM (Studi pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Klinik Koperasi dan UMKM merupakan inovasi yang dimunculkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur yang mulai berdiri pada tahun 2008, disahkan dengan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/133/KPTS/013/2008 tentang Lembaga Klinik Usaha Kecil dan Menengah Jawa Timur. Klinik Koperasi dan UMKM Jawa Timur adalah sebuah lembaga pendukung yang merupakan perpanjangan tangan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dan pelaku koperasi dan UMKM di Provinsi Jawa Timur. Lembaga tersebut memiliki 12 jenis layanan pengembangan usaha secara terpadu dan gratis kepada masyarakat dan pelaku UMKM di Jawa Timur sesuai permasalahan dan kebutuhannya. Layanan tersebut antara lain, layanan konsultasi bisnis, layanan informasi bisnis, layanan advokasi pendampingan, layanan pelatihan singkat/short course, layanan akses pembiayaan, layanan akses pemasaran, layanan pusat pustaka enterpreneur, layanan mobil klinik, layanan IT enterpreneur, layanan pendampingan pengurusan ekspor, layanan pendampingan dan perhitungan pajak, dan layanan pendampingan pengurusan SNI dan HKI. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan memfokuskan permasalahan pada inovasi Klinik Koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi koperasi dan UMKM. Penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang dipergunakan adalah model analisis data Miles, Huberman, dan Saldana, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan melalui kerjasama dengan Lembaga BDS Jawa Timur dan stakeholder lainnya belum maksimal. Hal ini dikarenakan tujuan yang tercapai hanya pertumbuhan wirausaha baru sedangkan tujuan untuk meningkatkan kapasitas wirausaha belum tercapai. Hasil temuan penelitian melihat bahwa kurangnya etos kerja dan kemauan koperasi dan UMKM yang telah dilayani menjadi penyebab kurang berhasilnya layanan Klinik Koperasi dan UMKM. Saran yang diberikan oleh penulis adalah melakukan pendampingan yang lebih intens pada koperasi dan UMKM yang sudah dilayani, melakukan sosialisasi yang lebih gencar kepada masyarakat untuk meningkatkan pengunjung Klinik Koperasi dan UMKM, memperluas jangkauan layanan mobil Klinik dan menerapkan sistem reward and punishment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/520/051608868 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 08:44 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 08:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |