Upaya Pemerintah Dan Swasta Terhadap Masyarakat Petani Kopi Dalam Meningkatkan Potensi Lokal Kopi Robusta Di Desa Amadenom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang (Studi Pada Kelompok Tani “Tani Harapan” De

Malinda, DeviEka (2016) Upaya Pemerintah Dan Swasta Terhadap Masyarakat Petani Kopi Dalam Meningkatkan Potensi Lokal Kopi Robusta Di Desa Amadenom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang (Studi Pada Kelompok Tani “Tani Harapan” De. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya pemerintah merupakan usaha yang menyelenggarakan segala kepentingan masyarakat untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat upaya pemerintah dan swasta terhadap masyarakat petani kopi dalam meningkatkan potensi lokal kopi robusta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh 2 fokus penelitian yaitu (1) Upaya Pemerintah Dan Swasta Terhadap Masyarakat Petani Kopi Dalam Meningkatkan Potensi Lokal Kopi Robusta Di Desa Amadenom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang meliputi : Pola Kemitraan Produktif, upaya pelatihan dan penyuluhan yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta, dan Indikator peningkatan potensi kopi robusta berkualitas ekspor (2) Faktor pendukung dan penghambat Upaya Pemerintah Dan Swasta Terhadap Masyarakat Petani Kopi dengan analisis data model interaktif Milles and Huberman melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, upaya pemerintah dan swasta melalui pola kemitraan produktif, upaya pelatihan dan penyuluhan yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta, dan Indikator peningkatan potensi kopi robusta berkualitas ekspor telah membawa perubahan yang baik bagi petani kopi. Faktor pendukung terhadap masyarakat petani kopi adalah adanya dukungan Pemerintah, penyuluhan penanaman bibit kopi dan alat sangrai kopi untuk petani kopi. Faktor penghambat terhadap masyarakat petani kopi adalah keadaan Iklim dan cuaca dan pemahaman petani tentang pemilihan biji yang berkualitas. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya peningkatan dan pengembangan kualitas perkebunan kopi, kualitas tenaga sumber daya manusia, serta pengelolaan produksi kopi yang berkualitas. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah atau swasta haruslah tepat guna dan mengetahui yang dibutuhkan oleh petani kopi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/507/051608855
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2016 11:11
Last Modified: 23 Apr 2020 11:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118837
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item