Implementasi Program Pelayanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Pada Implementasi Program Pelayanan Bagi Anak Autis Di Pusat Layanan Autis Kota Blitar)

Kuswantoro, AchmadTri (2016) Implementasi Program Pelayanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Pada Implementasi Program Pelayanan Bagi Anak Autis Di Pusat Layanan Autis Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hak asasi yang dimiliki oleh seseorang, tidak terkecuali bagi anak autis. Selama ini, pendidikan bagi anak autis diselenggarakan di Sekolah Luar Biasa (SLB), sementara itu pendidikan di SLB mencakup tidak hanya untuk anak autis saja. Akibatnya anak autis tidak mendapatkan pendidikan yang sesuai dan efektif. Sedikitnya lembaga sosial yang didirikan dengan tujuan untuk menjembatani kebutuhan akan sekolah bagi penyandang autis menyebabkan banyak orang tua anak autis bingung, pendidikan atau materi apa yang hams diajarkan kepada anaknya. Pusat Layanan Autis Kota Blitar merupakan salah satu lembaga sosial yang dibangun untuk melaksanakan program pelayanan pendidikan bagi penyandang autis. Berdasarkan hal tersebut peneliti sangat tertarik mengadakan penelitian mengenai implementasi program pelayanan bagi anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Blitar. Penelitian ini merumuskan beberapa masalah yaitu "Bagaimana implementasi program pelayanan bagi anak autis?" Dan "Apasajakah faktor pendorong dan penghambat implementasi program pelayanan untuk anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Blitar?". Untuk menjawab perumusan masalah tersebut peneliti menggunakan Teori Implementasi Program oleh Charles 0. Jones dan dikombinasikan dengan Tahapan Pelayanan Kesejahteraan Sosial yang dikemukakan oleh Departemen Sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam mengenai kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh Pusat Layanan Autis Kota Blitar Berdasarkan hasil penelitian, implementasi program pelayanan yang dilakukan oleh Pusat Layanan Autis Kota Blitar memiliki tahapan di dalam memberikan pelayanan kepada anak autis. Rangkaian tahapan tersebut berfungsi untuk untuk mengembangkan potensi siswanya secara optimal sesuai kemampuannya. Dan selama implementasi program pelayanan dilakukan, program ini menurut peneliti sudah berhasil memberikan sebuah dampak yang positif bagi para orang tua dan siswa autis dilihat dari adanya perubahan yang sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh klien dan adanya kepuasan orang tua siswa dengan pelayanan program sekolah khusus karena anaknya menjadi berkembang dan dapat berkomunikasi dengan baik, meskipun ada beberapa hambatan dalam implementasinya. Berdasar hambatan yang ada maka perlu sekali adanya perbaikan seperti penambahan jumlah tenaga pengajar, dan perlunya sosialisasi yang intens dan menyeluruh kepada masyarakat mengenai anak autis. Kata kunci: Implementasi, Program, Pelayanan, Autis

English Abstract

Education was the rights of every person, including autistic children. The education for autistic children was given at Exception School but this school was not limited only to autistic children. Therefore, the education for autistic children was not compatible and usually ineffective. There were still few social institutions to fulfill the demand among parents for autistic school. Parents were confused and perplexed to what education or material should be given to their autistic children. Autistic Service Center in Blitar City was a social institution developed to implement education service program for autistic sufferer. By considering this overview as research background, the author conducted a research about the implementation of the program of service for autistic children at Autistic Service Center in Blitar City. Some problems of research were formulated: "How was the implementation of the program of service for autistic children?" and "What factors were supporting ad constraining the program of service for autistic children at Autistic Service Center in Blitar City?" Answering these problems, the author used Theory of Program Implementation suggested by Charles 0. Jones, and it was combined with Stages of Social Welfare Service recommended by Department of Social. Type of research was descriptive with qualitative approach. Data collection technique included observation and deep interview about service provided by Autistic Service Center in Blitar City. Result of research showed that the implementation of the program of service for autistic children by Autistic Service Center in Blitar City involved several stages. These stages were functional to develop and to optimize the potential of students based on their competency. During the implementation of the service program is done, the program according to the researchers have managed to provide a positive impact for parents and students with autism seen from the changes are in accordance with what is expected by clients and their satisfaction of parents with care school programs for his son be grown and able to communicate well, although there are some obstacles in its implementasion. Based on the existing barriers it is necessary once the improvements such as increasing the number of teaching staff, and the need for intense and thorough socialization to the community about children with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/503/ 051608851
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Sep 2016 10:01
Last Modified: 27 Sep 2016 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118833
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item