Analisis Capital Budgeting Sebagai Penilaian Ekspansi Usaha (Studi Kasus pada PT. Wijaya Karya Beton, Tbk).

Satriawan, Aditya (2016) Analisis Capital Budgeting Sebagai Penilaian Ekspansi Usaha (Studi Kasus pada PT. Wijaya Karya Beton, Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cita-cita Indonesia menjadi negara maju di tahun 2025 yang tertuang pada MP3EI menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai fokus dari percepatan dan perluasan ekonomi. Permintaan bahan baku konstruksi sebagai pendukung pembangunan infrastruktur pun meningkat, salah satunya adalah beton pracetak. PT. Wijaya Karya Beton, Tbk (WIKA Beton) sebagai salah satu produsen beton pracetak perlu melakukan ekspansi usaha guna memenuhi permintaan tersebut. Perlu adanya penilaian mengenai layak tidaknya ekspansi usaha tersebut dilakukan. Penilaian yang paling sesuai adalah dengan menggunakan metode capital budgeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layak tidaknya ekspansi usaha yang akan dilakukan oleh WIKA Beton yang dinilai menggunakan analisis capital budgeting. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Perusahaan mampu melakukan ekspansi usaha yang telah direncanakan, yaitu pembangunan pabrik baru. Ekspansi usaha tersebut menggunakan dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) sebesar Rp1.174.909.000.000,00. Hasil dari penilaian investasi menggunakan metode capital budgeting yaitu: Hasil Net Present Value (NPV) menunjukkan hasil positif yaitu sebesar Rp705.256.070.230,00. Hasil Perhitungan Internal Rate Of Return (IRR) menunjukkan sebesar 68,11% lebih besar dari biaya modal sebesar 27,3%. Hasil perhitungan Profitability Index (PI) menunjukkan sebesar 2,77 lebih besar dari 1. Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode capital budgeting tersebut maka ekspansi usaha WIKA Beton layak untuk dilaksanakan. Perusahaan sebaiknya membuat rencana ekspansi dalam bentuk menambah pembangunan pabrik baru mengingat permintaan beton pracetak masih lebih tinggi dari kapasitas produksi sekalipun perusahaan telah melakukan ekspansi usaha. Selain itu, perusahaan harus melakukan riset pasar terlebih dahulu guna menentukan wilayah penjualan yang tepat sebelum merencanakan pembangunan pabrik baru.

English Abstract

Indonesia ideals become a developed country by 2025 as stated in the MP3EI make infrastructure development as the focus of the acceleration and expansion of the economy. Demand for raw materials as the supporting infrastructure construction has increased, one of which is a precast concrete. PT. Wijaya Karya Beton, Tbk (WIKA Beton) as one of precast concrete manufacturers need to expand the business to meet the demand. The need for assessment of the appropriateness of the expansion of the business is done. Assessment of the most appropriate method is to use capital budgeting. This study aims to determine the feasibility of expanding the business to be conducted by WIKA Beton assessed using analysis of capital budgeting. This research is descriptive research with case study approach. The results showed that: the Company is able to expand the business which has been planned, the construction of new plants. The business expansion using the proceeds from the IPO (Initial Public Offering / IPO) of Rp1.174.909.000.000,00. The results of the assessment of the investment using capital budgeting methods, namely: Results Net Present Value (NPV) showed positive results in the amount Rp705.256.070.230,00. Calculation Result Internal Rate Of Return (IRR) of 68.11% indicates greater than the cost of capital of 27.3%. The calculation result Profitability Index (PI) of 2.77 indicates greater than 1. Based on calculations by the method of capital budgeting that business expansion of WIKA Beton is feasible. The company should make its expansion plan in the form of adding new plant construction given precast concrete demand is still higher than production capacity even though the company has since expanded. In addition, the company must conduct market research first to determine the appropriate sales region before the planned construction of a new plant

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/5/ 051602236
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Apr 2016 09:43
Last Modified: 11 Apr 2016 09:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118828
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item