Marketing Politik Calon Kepala Daerah Kabupaten Malang Dalam Pemenangan Pemilukada Serentak Tahun 2015 (Studi Marketing Politik Tim Sukses Pasangan Rendra Kresna-Sanusi),

Ningrum, NovitaYulidaPuspa (2016) Marketing Politik Calon Kepala Daerah Kabupaten Malang Dalam Pemenangan Pemilukada Serentak Tahun 2015 (Studi Marketing Politik Tim Sukses Pasangan Rendra Kresna-Sanusi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah nama besar partai dan banyaknya partai yang mendukung belum tentu dapat memberikan efek yang berbanding lurus dengan pasangan calon yang diusung pada Pemillihan Umum Kepala Daerah. Marketing politik dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh tim sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk memenangkan dalam sebuah pesta demokrasi. Berdasarkan pada hal itu, maka peneliti ingin meneliti tentang marketing politik tim sukses pasangan Rendra Kresna-Sanusi dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Malang 2015. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis dengan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing politik yang dilakukan tim sukses, Push marketing: pembagian tugas dan peran setiap tim sukses. Pass Marketing : membentu dua tim pemenangan dan mendapat dukungan dari tokohtokoh penting di Kabupaten Malang. Pull marketing : menyampaikan materi dan juga media untuk melakukan kampanye. Materi yang berisi visi misi dan program, keberhasilan Rendra Kresna pada periode kemarin. Media yang digunakan yaitu tv, radio, koran, wibsite, instagram, twitter, dan facebook. Faktor-faktor yang penghambat tim sukses yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya terjadi pada tim sukses dari PKB yang membuat tim sendiri dan faktor eksternalnya dari masyarakat serta hilang dan rusaknya alat peraga kampanye tim sukses. Mengacu pada hasil analisis tersebut ada 3 saran. Sebagai pasangan calon yang sudah memenangkan Pemilukada Kabupaten 2015, hendaknya melakukan komunikasi dengan partai-partai lain supaya tetap terjadi komunikasi yang baik. Melakukan silaturahmi dengan pasangan Dewanti Rumpoko-Masrifah hadi untuk memperbaiki hubungan lebih baik lagi setelah Pemilukada kemarin. Melaksanakan dan mengimplementasikan semua visi misi dan program-program yang ada untuk masyarakat Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/454/051607723
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:49
Last Modified: 22 Aug 2016 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118778
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item