Program Zona Air Minum Prima (ZAMP) Sebagai Upaya Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air Dalam Rangka Pelayanan Publik

Pratama, RizkyAgung (2016) Program Zona Air Minum Prima (ZAMP) Sebagai Upaya Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air Dalam Rangka Pelayanan Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan publik, kebutuhan airterutama untuk dikonsumsi haruslah memiliki kualitas yang baik. Kegiatan penyediaan air minum memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.UN Water merupakan lembaga PBB yang mengkoordinir kampanye peringatan hari air sedunia (World Water Day) setiap bulan Maretnya.Perayaan ini ditujukan sebagai usaha untuk menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. pelayanan kebutuhan air minum bagi masyarakat, PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) bekerjasama dengan USAID untuk membantu PDAM di seluruh Indonesia melakukan inovasi dalam rangka usaha meningkatkan pelayanan air minum kepada pelanggan. PERPAMSI dan USAID melaksanakan program CATNIP (Certification and Training For Network Improvment Project). Proyek ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas air minum melalui program sertifikasi dan pelatihan untuk mewujudkan perbaikan jaringan perpipaan PDAM. Program ini disebut dengan istilah ZAMP singkatan dari Zona Air Minum Prima, yaitu zona khusus yang ditetapkan oleh PDAM untuk layanan air siap minum. Sesuai dengan KEPMENKES R.I NO. 907/2002 tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, bahwa air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan harus memenuhi syarat kesehatan agar dapat langsung diminum. Adanya program ZAMP ini, air dapat diminum langsung dari kran rumah, tanpa perlu pengolahan lain seperti perebusan atau penyulingan ulang. Air ZAMP ini aman untuk dikonsumsi karena sudah melalui proses penjagaan kualitas air. Dalam implementasi progam ZAMP dilakukan sosialisasi internal dan eksternal. Selain itu, ada masyarakat yang masih ragu mengkonsumsi air dan ada pula masyarakat yang mau mengkonsumsi. Masalah kekurangan implementasi program ZAMP, diperlukan meningkatkan sosialisasi dan pelayanan PDAM kota Malang agar program berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/449/051607497
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:06
Last Modified: 15 Aug 2022 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118772
[thumbnail of Rizky Agung Pratama (115030100111122) (1).pdf] Text
Rizky Agung Pratama (115030100111122) (1).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item