Jamila, LailiRohmah (2016) Pengaruh Pendidikan Pemakai terhadap Pemanfaatan Perpustakaan (Studi pada Perpustakaan SMAN 1 Dampit),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat mengakibatkan jumlah informasi melimpah. Banyaknya informasi yang beredar menyebabkan terjadinya ledakan informasi. Ledakan informasi yang tak terkendali menimbulkan kegalauan informasi. Organisasi yang berperan dalam mengadakan kegiatan pendidikan pemakai agar melek baca informasi ialah perpustakaan, salah satu jenisnya adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah mengadakan kegiatan pendidikan pemakai yang bertujuan agar siswa mampu dan mandiri dalam menelusur informasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat pengaruh pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan perpustakaan di SMA Negeri 1 Dampit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 753 siswa dengan sampel penelitian yang ditentukan sebanyak 88 responden yang merupakan siswa kelas X, IX, dan XII di SMAN 1 Dampit. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah menggunakan metode simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPPS 14.0 for Windows Evaluation System. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh reabilitas instrumen pendidikan pemakai sebesar 0,858 dan reabilitas instrumen pemanfaatan perpustakaan sebesar 0,758. Persamaan regresi linier sederhana adalah Y = 11,978 + 0,475 X. Nilai signifikansi uji chi square yaitu sebesar 0,522 lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan pemakai dengan tingkat pemanfaatan perpustakaan. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu pendidikan pemakai (X) berpengaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan (Y). Hal ini dibuktikan dengan korelasi antara variabel X dan variabel Y dengan nilai R Square (R2) atau koefisien determinasinya adalah sebesar 0,475. Nilai Thitung sebesar 8,822 angka ini jauh lebih besar dari nilai Ttabel1,987934, sehingga dapat dijelaskan bahwa pendidikan pemakai memiliki pengaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan sebesar 47,5% sedangkan sisanya sebesar 52,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/445/051607493 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 09:51 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |