Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Pelayanan Perizinan Di Kantor Badan Penanaman Modal Kota Batu).

Prastykasari, Tessa (2016) Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Pelayanan Perizinan Di Kantor Badan Penanaman Modal Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Badan Penanaman Modal Kota Batu bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan publik yang diberikan oleh Badan Penanaman Modal Kota Batu. Pengukuran kinerja pelayanan publik dilakukan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang memiki 14 unsur berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 yaitu, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas, tanggung jawab petugas, kemampuan petugas, keadilan mendapatkan pelayanan kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan, keamanan lingkungan, prosedur pelayanan, disiplin petugas dan kecepatan petugas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pelayanan publik di Badan Penanaman Modal Kota Batu. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa kinerja pelayanan publik di Badan Penanaman Modal sudah baik, dilihat dari adanya peningkatan hasil pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dilakukan oleh peneliti dengan yang dilakukan oleh petugas Badan Penanaman Modal pada tahun 2015 yaitu dari 76,08 menjadi 77,01. Namun, meskipun kinerja pelayanan publik di Badan Penanaman Modal Kota Batu terbilang “Baik” tetapi masih ada beberapa aspek dari 14 unsur tersebut yang belum bisa dikatakan baik dan masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/444/051607323
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:54
Last Modified: 05 Aug 2016 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118767
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item