Tata Kelola Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Malang Dan Badan Layanan Umum Daerah Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang),

Nisa, Choirun (2016) Tata Kelola Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Malang Dan Badan Layanan Umum Daerah Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata dipandang sebagai urusan publik karena besarnya harapan publik terhadap manfaat yang akan diperoleh dari pariwisata ini. Mengingat pariwisata merupakan urusan publik yang tujuan utamanya adalah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, maka pariwisata menjadi salah satu perhatian penting bagi administrasi publik. Taman Wisata Air Wendit (TWAW) merupakan salah satu obyek wisata yang diunggulkan di Kabupaten Malang. Sebagai obyek wisata yang dikelola oleh Pemerintah, Taman Wisata Air Wendit memiliki beberapa masalah yaitu tidak dapat mencapai target pendapatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang, pendapatan cenderung turun, dan adanya kebocoran tiket. Oleh karena itu diperlukan tata kelola yang baik agar dapat menyumbang pendapatan asli daerah dengan optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan dibatasi oleh 2 fokus yaitu (1) mendeskripsikan tata kelola Taman Wisata Air Wendit yang terdiri dari aspek Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, Budgeting; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat tata kelola Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, BLUD sebagai pelaksana operasional dalam melakukan tata kelola Taman Wisata Air Wendit sudah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan tata kelola sesuai dengan fungsi administrasi publik yang diajukan pada fokus penelitian. Namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan tata kelola yang baik yaitu dalam Staffing, Directing, Coordinating, dan Budgeting. Adapun faktor pendukung dalam tata kelola Taman Wisata Air Wendit ini adalah 1) Adanya Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Taman Wisata Air Wendit; 2) Fasilitas serta wahana yang disedia merupakan wahana semi modern; 3) Daya tarik wisata Taman Wisata Air Wendit; 4) Taman Wisata Air Wendit merupakan obyek wisata murah; 5) Lokasi obyek wisata yang strategis; 6) Alat Transportasi menuju obyek wisata sangat mudah. Sedangkan faktor penghambat dari tata kelola Taman Wisata Air Wendit ini antara lain 1) Masih minimnya pemasaran yang dilakukan; 2) Keterbatasan sumber daya manusia baik dari segi kuantitas maupun segi kualitas; 3) Keterbatasan anggaran yang dimiliki; 4) Kurangnya kerjasama yang dilakukan BLUD Taman Wisata Air Wendit dengan stakeholder pariwisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/430/051607227
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:13
Last Modified: 13 Nov 2023 08:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118753
[thumbnail of CHOIRUN NISA.pdf] Text
CHOIRUN NISA.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item