Efektivitas Pengelolaan Modal Kerja untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi kasus pada PT. Indospring Tbk periode 2012-2014),

Niam, MKhoirun (2016) Efektivitas Pengelolaan Modal Kerja untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi kasus pada PT. Indospring Tbk periode 2012-2014),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Efektivitas pengelolaan modal kerja merupakan faktor yang sangat penting bagi perusahaan dalam hal meningkatkan profitabilitas. Pengelolaan modal kerja meliputi analisis antara aktiva lancar dan hutang lancar. Modal kerja perusahaan harus tersedia secara cukup untuk kepentingan operasi perusahaan. Modal kerja yang tidak mencukupi akan membuat perusahaan tidak dapat menjalankan aktivitas perusahaan secara optimal dan jika modal kerja yang tersedia berlebihan, maka akan mengakibatkan penggunaan modal kerja menjadi tidak produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi modal kerja dan pengelolaan modal kerja yang efektif untuk meningkatkan profitabilitas PT. Indospring Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi dan situs pengambilan data penelitian dilakukan dengan mengambil data sekunder di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Brawijaya Malang dan www.idx.com dengan objek laporan tahunan PT. Indospring Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis pengelolaan modal kerja perusahaan mengalami fluktuasi pada pengelolaan kas, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan perusahaan mengelolah arus kas kurang stabil. Pengelolaan piutang semakin menurun sehingga waktu penagihan semakin lama namun tidak melebihi umur rata-rata piutang. Pengelolaan persedian semakin meningkat sehingga dana yang tertanam pada persediaan semakin kecil. Pengelolaan hutang lancar juga semakin naik setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa perputaran hutang lancar semakin baik tiap tahunnya. Analisis rasio profitabilitas perusahaan tiap tahun mengalami penurunan, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan perusahaan dalam menghasilkan profit semakin menurun. Penurunan profitabilitas ini terjadi karena naiknya operating ratio sehingga mengakibatkan biaya operasional perusahaan semakin naik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/411/051606936
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Aug 2016 15:41
Last Modified: 03 Aug 2016 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118731
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item