Prastini, Dellian (2016) Strategi Optimalisasi Pelayanan Publik di Bidang Transportasi (Studi pada Commuter Line Jabodetabek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai pusat pemerintahan, provinsi DKI Jakarta merupakan Ibukota yang memiliki banyak peranan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, salah satunya dalam penyelenggaraan pelayanan jasa angkutan transportasi. Sistem transportasi yang buruk disebagian besar wilayah DKI Jakarta telah menimbulkan kemacetan dan kerugian akibat kemacetan. Strategi untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang ada di DKI Jakarta harus segera dilakukan melalui pembangunan sistem transportasi yang sustainable. Sistem transportasi yang sustainable setidaknya telah memenuhi tiga komponen utama, yaitu aksesibilitas, kesetaraan, dan pelestarian lingkungan. Salah satu moda transportasi massal perkotaan yang banyak digunakan masyarakat di DKI Jakarta adalah Commuter Line. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi optimalisasi pelayanan Commuter Line terhadap pengguna jasanya, bagaimana upaya PT Kereta Commuter Jabodetabek (PT KCJ) dalam memberikan pelayanan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam optimalisasi pelayanan Commuter Line. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode analisis Miles, Huberman dan Saldana selain itu peneliti juga menggunakan matrix analisis SWOT sebagai alat analisis pendukung untuk mengetahui strategi yang digunakan PT KCJ dalam memberikan pelayanan terhadap pengguna jasa. Berkaitan dengan hal tersebut, strategi optimalisasi pelayanan yang dilakukan PT KCJ dianalisis oleh peneliti menggunakan matrix analisis SWOT dan menghasilkan strategi SO, WO, ST, dan WT. Saran yang peneliti berikan dalam strategi optimalisasi pelayanan Commuter Line yaitu, kepada PT KJC diharapkan dapat terus meningkatkan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa dan bagi masyarakat, diharapkan masyarakat dapat bekerjasama dengan PT KCJ dalam mengikuti peraturan yang telah ditetapkan selama menggunakan jasa Commuter Line.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/407/051606932 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 15:11 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 15:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |