Analisis Kelayakan Usaha Dalam Rangka Rencana Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pada PO. Zena Pariwisata Malang

Durri, Ashfa (2016) Analisis Kelayakan Usaha Dalam Rangka Rencana Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pada PO. Zena Pariwisata Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perekonomian utamanya di sektor pariwisata berdampak pada meningkatnya permintaaan jasa bus pariwisata. Perusahaan akan terdorong untuk melakukan pengembangan usaha karena tidak semua permintaan tersebut dapat terpenuhi. Salah satu alternatif dalam pengembangan usaha yakni dengan pembelian kendaraan baru. Sebuah perencanaan yang baik sangat diperlukan agar pengembangan usaha dapat berjalan dengan berhasil dan dapat dinyatakan layak. Penelitian ini mengambil studi kasus pada PO. Zena yang berencana akan melakukan pembelian kendaraan untuk menutupi permintaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan kelayakan usaha dalam rangka rencana pengembangan usaha pada PO. Zena Pariwisata Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis yang digunakan dalam penilaian kelayakan pengembangan usaha yaitu analisis pada aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen dan organisasi, dan aspek keuangan dengan alat penilaian kelayakan yang terdiri dari Average Rate of Return (ARR), Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Profitability Index (PI), dan Internal Rate of Return (IRR). Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan mampu dan layak untuk melakukan pembelian kendaraan baru berupa 1 unit bus. Dana yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 825.000.000,00. Berdasarkan penilaian investasi yang telah dilakukan maka didapat hasil yaitu: Hasil perhitungan ARR sebesar 28,85%, lebih besar dari return yang diisyaratkan, payback period atau atau waktu pengembalian dana pinjaman selama 2 tahun 8 bulan 29 hari lebih pendek dari usia ekonomis Hasil Net Present Value (NPV) menunjukkan hasil positif yaitu sebesar 897.601.255. Hasil Profitability Index (PI) menunjukkan sebesar 2,09 lebih besar dari 1. Hasil perhitungan Internal Rate of Return (IRR) menunjukkan sebesar 35,82% lebih besar dari persentase biaya modal (bunga kredit). Perusahaan hendaknya melakukan pengembangan usaha sesuai rencana yang telah dibuat. Pemberian pelatihan kepada sopir perlu dilakukan agar mampu mengoperasionalkan bus dengan baik dan meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. Inovasi terhadap pelayanan pelanggan juga perlu diperhatikan agar perusahaan dapat memimpin pasar.

English Abstract

conomic development especially in tourism sector affecting on the increasing of tourism bus service. Company will pushed to do business development because not all of those demand can be fulfilled. One of the alternatives in business development is with buy new vehicle. A good plan is needed so business development can successfully running and declare eligible. This research takes a case study at PO. Zena which has a plan to buys vehicle so it can fulfill customer demand. This research purposed to know and explain business feasibility in the context business development planning at PO. Zena Pariwisata Malang. Type of this research is descriptive research with case study approach. The analysis that used for business development feasibility assessment are the analysis on market and marketing aspects, management and organization aspects, and financial aspect with the feasibility assessment tool consist of Average Rate of Return (ARR), Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Profitability Index (PI), and Internal Rate of Return (IRR). Result of the analysis show that a company able and proper to buy new vehicle in the form as 1 unit of bus. The cost that needed is 825.000.000 IDR. Based on investment assessment that has already done it get the result there are: Result of ARR assessment is 28,85%, bigger that return of prerequisite, payback period of debt fund for 2 years 8 months 29 days shorter than economist period. The result of Net Present Value (NPV) show positive result is 897.601.255. Profitability Index (PI) results show 2,09 bigger than 1. Internal Rate of Return (IRR) results show 35,82% bigger than capital cost percentage (credit interest). The company should do business development which is appropriate with the plan that has been made. Giving training for the driver is needed to do so can operating bus well and it is minimalize a thing that is undesirable. Innovation toward customer service also needed to be payed so the company can lead the market

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/396/051606921
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Aug 2016 09:27
Last Modified: 22 Nov 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118713
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of ccv skrip.pdf]
Preview
Text
ccv skrip.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of COVER PDF.pdf]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of DAPUS.pdf]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (194kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item