Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone Di Counter Handphone Malang Town Square)

Alfionita, Cindy Mei (2016) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone Di Counter Handphone Malang Town Square). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara bersama-sama dari variabel-variabel Ekuitas Merek yaitu Loyalitas Merek, Kesadaran Merek, Kesan kualitas, dan Asosiasi Merek terhadap keputusan pembelian. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial dari variabel-variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian. (3) Untuk mengetahui dan menjelaskan Variabel ekuitas merek yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. (4) Untuk mengetahui dan menjelaskan keempat variabel Ekuitas Merek (Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan adalah peneliian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 100 orang responden yang merupakan pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone Malang Town Square yang meliputi Oppo Store, Calosa dan Ivan Cell dan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket secara langsung kepada pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone Malang Town Square. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Struktur Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel Ekuitas Merek secara bersama-sama. (2) Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek berpengaruh secara parsial terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Kesan Kualitas berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian. (3) Kesadaran Merek mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. (4) Variabel Ekuitas Merek berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian sedangkan variabel Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Kesan Kualitas berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Dapat disimpulkan bahwa Ekuitas Merek dengan keempat variabelnya yaitu Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek berpengaruh Terhadap Keputusan pembelian secara bersama-sama. Tetapi, ada variabel yang berpengaruh signifikan secara parsial yaitu Kesadaran Merek. vi Dengan demikian sebaiknya, produsen OPPO Smartphone harus mempromosikan produk untuk lebih dikenal kualitasnya dan tetap memperbaiki produk Oppo Smartphone agar lebih baik. Iklan yang sangat gencar merupakan solusi untuk membangun kesan kualitas yang kuat.

English Abstract

This study aims to: (1) To identify and explain the influence together of the variables that Brand Equity Brand Loyalty, Brand Awareness, impression of quality and Trademark Association on purchasing decisions. (2) To identify and explain the partial effect of the variables of brand equity on purchase decisions. (3) To identify and explain the variable of brand equity that has dominant influence on purchasing decisions. (4) To identify and explain the four variables brand equity (brand awareness, impression quality, brand association, and brand loyalty) significantly influence the purchase decision. Research type used is explanatory research with quantitative approach. Sample of 100 respondents who are buyers Counter Oppo Mobile Smartphone in Malang Town Square which includes Oppo Store, Calosa and Ivan Cell and using purposive sampling technique. Methods of data collection in this research by distributing questionnaires directly to buyers Counter Oppo Mobile Smartphone in Malang Town Square. Data were analyzed using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: (1) Structure purchase decision is influenced by variables Brand Equity together. (2) It shows that the variable Brand Awareness, Brand Association, and Brand Loyalty partial effect on the Purchase Decision Structure variable, while the variable quality impression is not significant effect partially on the Purchase Decision Structure. (3) Brand Awareness has the most dominant influence on the buying decision structure. (4) Variable Brand Equity significant effect jointly to structure purchase decision while variable Brand Awareness, Association of Trademark and Brand Loyalty significant effect partially on variable structure purchase decision, while variable impression of quality is not significant effect partially to structure purchase decision. It can be concluded that Brand Equity with four variables that Brand Awareness, impressions Quality, Brand and Brand Loyalty Association Against influence purchase decisions together. However, there are variables that are significant effect partially Brand Awareness. Thus preferably, OPPO Smartphone manufacturers have to promote the products better known to improve product quality and keep Oppo Smartphone for the better. Ads that very aggressively is the solution to build a strong impression of quality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/394/051606919
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Aug 2016 13:10
Last Modified: 22 Nov 2021 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118711
[thumbnail of skripsi_cindy_full.pdf]
Preview
Text
skripsi_cindy_full.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item