Rachmadhian, Farahgita Langensari (2016) Evaluasi Implementasi Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang Memenuhi Persyaratan Tertentu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peraturan mengenai pengembalian pendahuluan, yang akan dimanfaatkan Wajib Pajak khususnya Wajib Pajak Orang Pribadi baik secara positif maupun negatif dengan jumlah permohonan pengembalian tidak besar. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi dari pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang memenuhi persyaratan tertentu di KPP Pratama Malang Selatan. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui dan menjelaskan evaluasi dari implementasi pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang memenuhi persyaratan tertentu di KPP Pratama Malang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan informan. Data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Tempat peneliti melakukan penelitian adalah di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian antara lain adalah implementasi dari pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang memenuhi persyaratan tertentu di KPP Pratama Malang Selatan berjalan dengan baik. Untuk faktor komunikasi, sumberdaya, struktur birokrasi, isi kebijakan dan lingkungan kebijakan, menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi implementasi agar dapat berjalan lancar. Hanya saja pada faktor disposisi, para fiskus memiliki cara yang berbedabeda untuk menyelesaikan permohonan yang masuk. Hasil evaluasi dari implementasi pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang memenuhi persyaratan tertentu di KPP Pratama Malang Selatan memiliki penilaian baik. Implementasi dinilai efektif, efisien, cukup baik, mendapatkan respon yang baik, serta jalannya implementasi sudah tepat. Saran yang dapat diberikan setelah dilakukannya evaluasi dalam penelitian ini antara lain adalah meningkatkan komunikasi antara fiskus dan Wajib Pajak Orang Pribadi, perbaikan dalam prosedur implementasi, menambah jumlah fiskus agar pelayanan dapat berjalan lebih optimal, serta mengadakan sosialisasi kepada seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan.
English Abstract
This research is motivated by the lack of legislation regarding the preliminary returns, which will be used taxpayer particular individual taxpayer either positively or negatively by the number of applications for refund was not great. The purpose of this study was the first to identify and explain the implementation of the preliminary refund overpaid taxes for the individual taxpayer who meets certain requirements on South Malang Tax Office. The second purpose is to identify and explain the preliminary evaluation of the implementation of the return of overpaid taxes for the individual taxpayer with certain requirements on South Malang Tax Office. The method used is descriptive research with a qualitative approach. Data derived from primary data and secondary data. The primary data obtained through interviews with informants. Secondary data were obtained through documentation. Doing research where researchers are in the South Malang Tax Office. The results obtained after conducting research include the implementation of the preliminary refund overpaid taxes for the individual taxpayer with certain requirements on South Malang Tx Office going well. For the communication factor, resources, bureaucratic structure, content policy and environmental policy, suggesting that these factors may affect the implementation to run smoothly. Only the disposition factors, the tax authorities have different ways to resolve the incoming request. The results of a preliminary evaluation of the implementation of the return of overpaid taxes for the individual taxpayer with certain requirements on South Malang Tax Office have good ratings. Implementation is considered effective, efficient, good enough, get a good response, as well as the course of implementation is appropriate. Advice can be given after the evaluation of this research include improving communication between the tax authorities and the individual taxpayer, improvements in implementation procedures, increasing the number of tax authorities so that the service can run more optimally, and conducted socialization to all the individual taxpayer and the Agency
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/387/051606912 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 10:46 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 06:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118703 |
Preview |
Text
Farahgita_Langensari_Rachmadhian_125030400111090.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |