Analisis Efektivitas Penerbitan Surat Teguran, Surat Paksa, dan Surat Perintah Melakukan Penyitaan dalam Menurunkan Tunggakan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)

Sari, DeniElyana (2016) Analisis Efektivitas Penerbitan Surat Teguran, Surat Paksa, dan Surat Perintah Melakukan Penyitaan dalam Menurunkan Tunggakan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya tunggakan pajak atau pajak yang belum dibayar melebihi masa jatuh tempo pembayaran dalam tiga tahun terakhir di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Adanya tunggakan pajak tersebut dapat dilakukan tindakan penagihan pajak dengan maksud agar utang pajaknya segera dilunasi. Tindakan penagihan pajak dilakukan dengan cara penerbitan Surat Teguran, Surat Paksa, dan Surat Perintah Melakukan Penyitaan. Sehingga dengan adanya upaya tersebut diharapkan dapat menurunkan tunggakan pajak dan penerimaan pajak dapat dioptimalkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan kontribusi penerbitan Surat Teguran, Surat Paksa, dan Surat Perintah Melakukan Penyitaan dalam menurunkan tunggakan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berupa hasil wawancara dan data sekunder yang berupa laporan target dan realisasi penagihan pajak serta laporan penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa tingkat efektivitas penerbitan Surat Teguran dalam menurunkan tunggakan pajak pada tahun 2013- 2015 dikategorikan tidak efektif, Surat Paksa pada tahun 2013-2014 dikategorikan tidak efektif sedangkan pada tahun 2015 dikategorikan cukup efektif, dan Surat Perintah Melakukan Penyitaan pada tahun 2013-2015 dikategorikan tidak efektif. Kontribusi penerbitan Surat Teguran, Surat Paksa, dan Surat Perintah Melakukan Penyitaan terhadap penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu pada tahun 2013-2015 dikategorikan sangat kurang. Upaya yang sebaiknya dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu dalam meningkatkan efektivitas tersebut yaitu sebaiknya meningkatkan perbaikan pada aplikasi penagihan pajak sehingga kedepannya sistem administrasi tersebut dapat terstruktur dan lengkap, selain itu perlu adanya penambahan Sumber Daya Manusia guna mendukung pelaksanaan dan pengawasan penagihan pajak yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/363/051606394
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2016 09:45
Last Modified: 26 Jul 2016 09:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118676
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item