Pengaruh Kualitas Pelayanan Samsat Keliling Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Keliling Kota Malang)

Rosyadi, Sufyan (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Samsat Keliling Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Keliling Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Negara sebagai tempat bernaungnya jutaan rakyatnya harus dapat melindungi dan mengatur seluruh hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya, dalam pelaksanaannya negara membutuhkan sumber penerimaan dana yang jumlahya tidak sedikit. Sumber penerimaan tersebut dapat diperoleh dari penerimaan negara dan hibah. Salah satu sumber penerimaan negara terbesar adalah dari sektor pajak, sektor ini memegang peranan yang sangat penting untuk kelangsungan sistem pemerintahan suatu Negara, pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta bagi warga negara yang merupakan wajib pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan kualitas pelayanan SAMSAT keliling, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (emphaty) secara bersama dan pengaruh masing - masing variabel terhadap kepuasan wajib pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 100 orang Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT keliling Kota Malang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Ketanggapam (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) berpengaruh secara bersama terhadap variabel Kepuasan Wajib Pajak (Y). Pada penelitian ini diketahui juga bahwa masing – masing variabel bebas dalam konteks bersama yaitu X1, X2, X3, X4, X5 memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel kepuasan wajib pajak (Y) Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara Bukti Fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor. Variabel pengetahuan pajak merupakan variabel dominan dalam penelitian ini, dengan demikian diharapkan pihak SAMSAT bisa mempertahankan dan meningkatkan mutu dari pengetahuan pajak dengan meningkatkan kembali

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/362/ 051606393
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 15:51
Last Modified: 25 Jul 2016 15:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118675
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item