Analisis Penyelesaian Sengketa Keberatan dalam bidang Kepabeanan (Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I)

Ayu, Dita (2016) Analisis Penyelesaian Sengketa Keberatan dalam bidang Kepabeanan (Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai merupakan lembaga yang bertugas melalukan pengawasan dalam kegiatan kepabeanan. Pengawasan yang dilakukan berupa pengawasan arus barang dan juga kelengkapan dokumen. Ketika pejabat Bea dan Cukai menetapkan keputusan yang mengakibatkan pengguna jasa dianggap kurang bayar dan barang yang diperiksa dianggap tidak sesuai dengan apa yang dilaporkan sehingga menimbulkan ketidakpuasan terhadap keputusan tersebut maka pengguna jasa dapat mengajukan Keberatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian sengketa keberatan yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data model Miles and Huberman. Lokasi dalam penelitian ini adalah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian sengketa keberatan yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I sudah baik. Perlunya ada pembenahan peraturan turunan yang harus dilakukan oleh Bea Cukai guna mengurangi jumlah sengketa Keberatan. Hambatan yang terjadi dalam penyelesaian sengketa keberatan pada Kantor Wilayah bea dan cukai jawa Timur I sejauh ini tidak mengganggu jalannya proses penyelesaian kasus, namun perlunya peningkatan pelayanan dan komunikasi yang harus dilakukan oleh Kantor Wilayah bea dan cukai jawa Timur I dengan pihak-pihak lain yang terkait dengan penyelesaian sengketa keberatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/361/ 051606392
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 15:46
Last Modified: 25 Jul 2016 15:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118674
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item