Implementasi Kebijakan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja di Bidang Pariwisata Guna Meningkatkan Potensi Pariwisata Kabupaten Jember (Studi pada Kantor pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember)

Setiawan, RizalTeguh (2016) Implementasi Kebijakan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja di Bidang Pariwisata Guna Meningkatkan Potensi Pariwisata Kabupaten Jember (Studi pada Kantor pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Jember memiliki berbagai potensi pariwisata baik dari segi alam, budaya, dan hasil buatan manusia. Dari banyaknya potensi pariwisata di kabupaten Jember serta bertambahnya kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun, maka seharusnya peningkatan mutu pariwisata juga harus ditingkatkan, salah satunya adalah peningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia harus ditekankan pada penguasaan kompetensi yang diakhiri dengan sertifikasi yang fokus pada suatu bidang pariwisata yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional. Ketentuan terkait sertifikasi kompetensi bidang pariwisata telah diatur dalam Undang-Undang 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik kualitatif dipakai sebagai pendekatan dalam penelitian ini, karena teknik ini digunakan untuk memahami interaksi sosial, misalnya dengan wawancara mendalam tentang implementasi sertifikasi kompetensi di Kabupaten Jember sehingga akan ditemukan pola-pola yang jelas. Lokasi penilitian dipilih di Dinas Pariwisata Kabupaten Jember dengan pertimbangan pada instansi ini memiliki kewenangan penuh terhadap pengelolaan pariwisata Kabupaten jember. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan sertifikasi kompetensi bidang pariwisata mecakup tiga aspek, yakni terkait pemberlakuan sertifikai kompetensi, pelaksana sertifikai kompetensi dan pelaksanaan sertifikasi kompetensi. Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam pemberian informasi tentang sertifikasi kompetensi kepada tenaga kerja masih sangat minim, dari tahun 2011 -2014 hanya sejumlah 50 tenaga kerja per tahun yang bersertifikasi. Dinas Pariwisata Kabupaten Jember berkerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Pofesi Wiyata Nusantara sebagai pelaksana sertifikasi. Namun dalam pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja, Kabupaten Jember masih melaksanakan 2 (dua) SKKNI bidang Pariwisata dari 30 (tiga puluh) SKKNI yang telah diatur dalam Ketentuan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Saran penulis dalam penerapan sertifikasi kompetensi di bidang pariwisata yakni program pemerintah yang telah diamanahkan oleh undang-undang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah yang diwujudkan dalam pembuatan peraturan daerah sehingga dalam implementasinya, pemerintah daerah mempunyai acuan yang lebih spesifik tentang tata cara pelaksanaan sertifikasi kompetensi tenaga kerja bidang pariwisata, serta penyampaian informasi yang menyeluruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/351/ 051605946
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 14:13
Last Modified: 25 Jul 2016 14:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118663
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item