Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (Studi Pada BPJS Kesehatan Kabupaten Trenggalek dan Dinas Kesehatan Kabupate

Nitasari, WoroDyah (2016) Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (Studi Pada BPJS Kesehatan Kabupaten Trenggalek dan Dinas Kesehatan Kabupate. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional merupakan bentuk dari pelayanan kesehatan, dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional tidak terlepas dari unsur penyelenggara, pelaksana dan penerima layanan. Penelitian ini didasarkan pada implementasi peraturan terkait pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional. Dalam penelitian ini, diharapkan semua pihak terkait dapat melaksanakan tugas sesuai bidangnya dengan menjalankan program sesuai peraturan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional pada BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek sebagai penyelenggara dan pihak terkait pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional. Selain itu, terdapat fasilitas kesehatan yaitu RSUD dr.Soedomo sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL) yang merupakan pelaksana program Jaminan Kesehatan Nasional. Selanjutnya, dalam pelaksanaan program tersebut tentu tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data primer yang bersumber dari BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan dan RSUD dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek. Selanjutnya untuk data sekunder bersumber dari dokumen, petunjuk teknis dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan dan RSUD dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek telah terlaksanan dengan baik. Namun demikian, masih terdapat kendala dalam hal kepesertaan jaminan kesehatan nasional yaitu kurangnya partisipasi masyarakat sebagai peserta jaminan kesehatan nasional, dalam pelayanan kesehatan terdapat kurangnya tenaga medis dan alat-alat kesehatan yang mendukung penyembuhan pasien, serta fungsi sosial yang kurang diperhatikan oleh pihak penyelenggara yaitu BPJS Kesehatan. Untuk itu, dukungan dari pemerintah dalam pemenuhan fasilitas kesehatan serta kerjasama yang baik antara pihak terkait perlu ditingkatkan agar tujuan dari program jaminan kesehatan nasional dapat terwujudkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/313/051605719
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2016 14:48
Last Modified: 21 Jul 2016 14:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118621
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item