Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern” (Studi Kasus pada PT Selecta, Kota Batu),

Prasetya, Andry (2016) Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Intern” (Studi Kasus pada PT Selecta, Kota Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis pariwisata pada kota Batu mengalami peningkatan dengan bermunculan perusahaan perusahaan baru yang membuka objek pariwisata baru. Perusahaan lama seperti PT Selecta tentunya memerlukan inovasi baru dalam mengembangkan objek pariwisata ataupun dalam pengelolalan sistem yang mereka miliki termasuk didalamnya adalah sistem akuntansi penggajian dan pengupahan. Pengembangan objek pariwista tentunya akan berdampak pada kenaikan jumlah karyawan, penambahan karyawan akan dilakukan perusahaan untuk mengisi pos-pos baru pada objek wisata baru. Peneliti memilih PT. Selecta sebagai objek penelitian karena PT. Selecta merupakan perusahaan periwisata tertua di kota Batu namun dalam perkembangannya PT. Selecta lambat dalam melakukan pengembangan sistem pengelolaan informasi termasuk dalam sistem akuntansi yang digunakan. Peneliti ingin mengetahui penerapan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yang diterapkan pada PT Selecta serta pengaruhnya terhadap efektifitas pengendalian intern mengingat PT Selecta sedang melakukan pengembangan objek pariwisata yang juga akan meningkatkan penambahan jumlah karyawan. Bertambahnya jumlah karyawan harus diikuti dengan peningkatan sistem akuntansi untuk menghindari penyelewengan terkait besaran gaji yang harus dibayarkan perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (event study) dengan pendekatan deskriptif. Penilaian penggunaan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan meliputi: fungsi-fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan yang digunakan, dan jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi penggajian dan pengupahan. Penilaian eefektifitas pengendalian intern meliputi: struktur organisasi yang memisahkan fungsi dan tanggung jawab, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat, dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/312/051605718
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2016 14:04
Last Modified: 08 Jun 2023 05:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118620
[thumbnail of Andry Prasetya.pdf] Text
Andry Prasetya.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item