Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen terhadap Mobile Advertising (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angakatan 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Apli

Hidayat, ArifRahman (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen terhadap Mobile Advertising (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angakatan 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Apli. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini dunia pemasaran telah memasuki era revolusioner, oleh karena itu perusahaan khususnya bidang pemasaran harus dapat memilih media iklan yang efektif dan efisien. Salah satu media iklan yang saat ini sedang berkembang yaitu mobile advertising yang mudah diakses oleh konsumen melalui smartphone yang banyak dimiliki oleh konsumen. Dengan adanya mobile advertising yang diberikan, suatu iklan akan berdampak pada sikap konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk mobile advertising dan pengaruhnya terhadap sikap konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Iklan yang diteliti dalam penelitian ini adalah iklan yang ada dalam aplikasi media sosial LINE dengan sampel 114 orang responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu judgement sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis faktor, analisis regresi linear berganda, dan analisis regresi parsial. Berdasarkan metode penelitian dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa faktor-faktor pembentuk mobile advertising terdiri dari faktor irritation, faktor credibility, faktor entertainment, faktor informativeness, dan faktor referensi pembelian. Hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa nilai sig F sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti bahwa secara bersama-sama faktor-faktor mobile advertising yang terdiri dari faktor irritation, faktor credibility, faktor entertainment, faktor informativeness, dan faktor referensi pembelian berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen. Hasil pengujian regresi secara parsial faktor irritation, faktor credibility, faktor entertainment, dan faktor referensi pembelian memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap konsumen yang menunjukkan nilai sig t masing-masing secara berturut-turut yaitu 0,001; 0,014; 0,002; 0,000 (p < 0,05), sedangkan faktor informativeness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap konsumen yang menunjukkan nilai 0,28 (p > 0,05). Berdasarkan hasil uji regresi parsial, faktor referensi pembelian memiliki pengaruh dominan terhadap sikap konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien beta sebesar 0,418 yang berarti faktor referensi pembelian memiliki pengaruh 41,8% terhadap sikap konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/311/051605717
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2016 13:25
Last Modified: 21 Jul 2016 13:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118619
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item