Pelaksanaan Budaya Organisasi dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perkeretaapian (Studi pada PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya),

SetiyaN, NurlianaAyu (2016) Pelaksanaan Budaya Organisasi dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perkeretaapian (Studi pada PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya Organisasi adalah suatu pola keyakinan, nilai, sikap, harapan, dan tindakan yang diyakini kebenarannya dan dilaksanakan oleh seluruh anggota organisasi agar tercipta suatu ciri khas dan karakter yang membedakan organisasi tersebut dengan organisasi lain. Budaya organisasi yang dilaksanakan dengan baik pada suatu organisasi, terutama organisasi pelayanan seperti PT KAI (Persero), maka akan terwujud suatu pelayanan yang berkualitas, utamanya pelayanan perkeretaapian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan serta menganalisis mengenai pelaksanaan budaya organisasi dan juga mendeskripsikan dampak pelaksanaan budaya organisasi dalam peningkatan kualitas pelayanan perkeretaapian pada PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian, yang pertama adalah pelaksanaan budaya organisasi pada PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya. Fokus yang kedua yaitu dampak pelaksanaan budaya organisasi dalam peningkatan kualitas pelayanan perkeretaapian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan budaya organisasi pada PT KAI (Persero) Daop 8 Surabaya didasarkan pada lima metode, yaitu kepemimpinan, mengomunikasikan nilai-nilai budaya kerja, pengembangan sistem penghargaan dan hukuman, memelihara hubungan antar anggota organisasi, dan pertukaran personal (mutasi). Dengan melaksanakan budaya organisasi tersebut, ternyata membawa dampak pada kualitas pelayanan perkeretaapian. Yang mana hal tersebut, dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu, ketepatan waktu, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dari petugas pelayanan, kemudahan dalam memperoleh pelayanan, dan kenyamanan pelayanan. Pelaksanaan budaya organisasi pada PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya sudah baik. Konsistensi dalam pelaksanaan budaya organisasi berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kereta api. Tetapi, dari hasil penelitian tersebut, ada beberapa hal yang dalam pelaksanaannya masih harus dilakukan perbaikan, antara lain, pertama, menerapkan jalur rel ganda pada area operasi PT KAI (Persero) Daop 8 Surabaya; kedua, sebaiknya para pegawai yang bekerja pada stasiun PT KAI (Persero) Daop 8 Surabaya dapat lebih memahami tentang produk pelayanan apa saja yang mereka sediakan dan mengetahui tentang perkembangan peraturan PT KAI (Persero); ketiga, perlu ditingkatkan lagi kinerja para pegawai di stasiun agar bersikap ramah dan sopan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/306/051605738
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2016 15:40
Last Modified: 14 Jul 2016 15:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118613
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item