Suryono, CitraDewiPutri (2016) Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Dalam Mengantisipasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Pada Pt.Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang memiliki peranan penting dalam hal pengelolaan dana kepada masayarakat dalam bentuk kredit. Salah satu wujud pelayanan kredit yang diberikan oleh bank adalah pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR). PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang merupakan salah satu bank yang memberikan pelayanan Kredit Pemilikan rumah (KPR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemberian kredit pemilikan rumah (KPR) yang diterapkan pada PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang dalam mengantisipasi terjadinya kredit bermasalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa penerapan sistem pemberian KPR PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang masih belum efektif, hal ini dibuktikan dengan jumlah kredit bermasalah atau non performing loan yang semakin menigkat setiap tahunnya. Kelemahan yang menjadikan tidak efektif adalah adanya perangkapan tugas yang dilakukan oleh bagian account officer pada saat tahap analisis kredit dan on the spot, wawancara hanya dilakukan satu kali, dan tidak adanya form Instruksi Pencairan Kredit (IPK) sebagai pemberitahuan untuk mencairkan dana kredit yang telah disetujui dan di tandatangani oleh Pimpinan Cabang. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan beberapa saran yang dapat dilakukan oleh PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang yaitu adanya pembagian tugas pada saat analisis kredit dan on the spot agar tidak terjadi perangkapan tugas dan penyalahgunaan weweang, melakukan wawancara II dan PT. Bank Jatim sebaiknya menggunakan form IPK yang digunakan sebagai pemberitahuan untuk mencairkan dana kredit yang telah disetujui.
English Abstract
Bank is one of the financial institutions which have an important role in the management of funds to the community in the form of credit. One form of service credits granted by banks are lending home ownership. PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Branch Malang is one of the banks that provide service lending home ownership. This study aims to determine the system for granting loans which is applied by PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Branch Malang in anticipating loan arrears. The type of research that used in this research is descriptive research with qualitative approach. The research techniques used are interview and documentation.The results of the study explained that the implementation of systemfor granting mortgage in PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Branch Malang still not effective, this is evidenced by the number of problem loans or non-performing loans are increasing every year.The weakness that makes ineffective are that a number of tasks performed by the accounts section officer at the current stage of the credit analysis and on the spot, the interviews were conducted one time, and the absence of form Instruction Credit Disbursement) as notice to withdraw funds approved credit and signed by the Branch Manager. Based on the results of the author gives some suggestion that can be done by PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Branch Malang, the division of tasks during the credit analysis and on the spot in order to avoid geminating duties and abuse of authority, conduct interviews to two and PT. Bank Jatim should use form IPK as a announcement to withdraw funds approved credit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/3/ 051602234 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 12:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 12:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118605 |
Actions (login required)
View Item |