Efektifitas “User Education” Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya.

Suryani, HestyFajarwati (2016) Efektifitas “User Education” Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, memudahkan manusia untuk dapat mengetahui informasi dari seluruh dunia. Saat ini, informasi sudah menjadi kebutuhan sehingga sulit untuk terlepas dari kehidupan manusia, karena setiap orang mempunyai kebutuhan informasi yang berbeda-beda. Begitu juga kebutuhan informasi para pengguna perpustakaan antara satu dengan yang lain. Kemampuan setiap orang dalam pemenuhan kebutuhan informasi tidak sama, sesuai dengan kemampuan menemukan informasi dan kebutuhan informasi masing-masing orang. Pengguna perpustakaan membutuhkan informasi yang serba cepat, tepat dan akurat. Perpustakaan merupakan tempat untuk menggali informasi dan menjadikan katalis dalam proses belajar bagi setiap orang. terdapat beberapa cara untuk membangun literasi informasi di perpustakaan, Salah satunya adalah dengan cara pendidikan pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektifitas pendidikan pengguna (user education) dalam pemenuhan kebutuhan informasi pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Penelitian ini dikaji berdasarkan model literasi informasi Big6 yang meliputi task definition atau definisi tugas pada tahap ini seseorang diharapkan dapat mendefinisikan dan mengidentifikasi kebutuhan informasi, sesorang perlu mengetahui lebih dulu dengan pasti permasalahan apa yang harus dipecahkan dan apa yang perlu dicari jawabannya, information seeking strategies yaitu menentukan sumber dan memilih sumber terbaik, setelah seseorang mengetahui kebutuhan informasi lalu akan mengatur strategi pencarian informasi “dimana saya akan menemukan informasi, sumbersumber informasi apa saja yang digunakan” pada tahap inilah keterampilan seseorang menggunakan perpustakaan menjadi penting, location and acces yaitu menentukan lokasi sumber (isi maupun fisik) dan menentukan informasi dari sumber yang ada, langkah ini adalah memerikasa sumber informasi yang ditemukan apakah berguna atau tidak, use information yaitu menggabung-gabungkan informasi dan mengekstrak/menyarikan informasi yang relevan yaitu dilakukan pengorganisasian informasi yang beguna untuk mengatasi kebutuhan informasi, synthesis yaitu mengorganisasi informasi dari banyak sumber dan mempresentasikan informasi, evaluation yaitu menilai hasi sudah efektifkah dan menilah proses sudah efisienkah langkah ke enam ini adalah sebagai penilaian seseorang apakkah hasil yang didapat itu menjawab oertanyaan pada langkah 1, mengevaluasi secara kritis penyelesaiaan kebutuhan informasi dan proses pemecahannya juga dievaluasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif didukung dengan data kualitatif, dengan cara menyebarkan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data utama. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya sebagian besar (60,25% responden) menyatakan tidak pernah menerima pendidikan pengguna sehingga pendidikan pengguna pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya belum efektif. Hal ini mengakibatkan kemampuan literasi informasi pengguna Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya tebilang kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari pengukuran kemampuan pengguna Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaaya dalam pemenuhan kebutuhan informasi menggunakan model litarasi Informasi “Big6” yaitu Langkah pertama definisi tugas pengguna mampu untuk mendefinisikan dan mengidentifiaksi kebutuhan informasi. Langkah kedua strategi pencarian pengguna kurang memperhatikan informasi terbaru dan melakukan persiapan dalam memenuhi kebutuhan informasi. Langkah ketiga, lokasi dan akses pengguna lebih banyak menggunakan jurnal online yang berbentuk elektronik atau digital dari pada menggunakan buku yang berbentuk tercetak dan lebih sering menggunakan informasi dari luar perpustakaan seperti menggunakan internet dan media lainnya. Pengguna juga kurang memperhatikan perkembangan informasi. Langkah keempat pengguna menggunakan informasi dengan cara membaca dan mereview sumber informasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi, mengambil informasi yang penting saja dari sumber informasi tersebut dan memilah informasi berdasarkan kebutuhan informasi. Langkah kelima sintesis atau pencipta karya pengguna kurang memperhatikan perkembangan informasi. Langkah keenam evaluasi dalam evaluasi pengguna merasa informasi yang diperoleh sudah sesuai tetapi belum memenuhi kebutuhan informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/282/051605577
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 14:10
Last Modified: 19 Jul 2016 14:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118586
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item