Pengaruh Jumlah Nilai Ekspor, Impor dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Nilai Tukar dan Daya Beli Masyarakat Indonesia (Studi pada Bank Indonesia periode 2006:IV-2015:III),

Sedyaningrum, Miranti (2016) Pengaruh Jumlah Nilai Ekspor, Impor dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Nilai Tukar dan Daya Beli Masyarakat Indonesia (Studi pada Bank Indonesia periode 2006:IV-2015:III),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini semua negara melakukan perdagangan internasional. Besarnya nilai tukar akan timbul akibat kegiatan perdagangan internasional yaitu ekspor dan impor. Keadaan ekonomi suatu negara juga akan mempengaruhi nilai tukar pada negara tersebut. Tidak hanya mempengaruhi nilai tukar, ekspor, impor dan pertumbuhan ekonomi juga akan memberikan efek terhadap daya beli masyarakat pada suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ekspor, impor dan pertumbuhan ekonomi secara parsial dan simultan terhadap nilai tukar dan daya beli masyarakat dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan data perkuartal periode 2006 kuartal IV hingga 2015 kuartal III dengan jumlah sampel 36 data time series untuk setiap variabel bebas dan terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Ekspor secara parsial berpengaruh negatif terhadap nilai tukar, impor secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai tukar, pertumbuhan ekonomi secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai tukar; 2) Ekspor secara parsial berpengaruh negatif terhadap daya beli masyarakat, impor secara parsial berpengaruh positif terhadap daya beli masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi secara parsial tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat; 3) Ekspor, impor dan pertumbuhan ekonomi secara simultan berpengaruh terhadap nilai tukar dan daya beli masyarakat. Temuan dalam penelitian ini diharapkan dapat meramalkan kondisi nilai tukar dan daya beli masyarakat Indonesia dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/218/051604923
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 09:12
Last Modified: 19 Jul 2016 09:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118514
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item