Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan (studi pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang)

Armawansyah, Rizal (2015) Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan (studi pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan prestasi kerja karyawan disuatu organisasi merupakan suatu hal yang patut diperhatiakan secara serius oleh perusahaan. Peningkatan prestasi kerja karyawan disuatu organisasi merupakan suatu hal yang patut diperhatiakan secara serius oleh perusahaan. Program diklat yang diselenggarakan bagi karyawan diharapkan akan menjadi sarana bagi karyawan untuk terus menimba ilmu pengetahuan serta menambah pengalaman pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan (X1) dan pelatihan (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi kerja karyawan (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research. Penelitian dilakukan pada karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang dengan sampel sebanyak 65 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Pendidikan Karyawan mempunyai pengaruh secara parsial terhadap Prestasi Kerja Karyawan hal ini ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 4,906 > 1,999 atau nilai sig t (0,000) < α = 0.05 maka Pendidikan Karyawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Dengan demikian pengujian menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Pelatihan Kerja Karyawan mempunyai pengaruh secara parsial terhadap Prestasi Kerja Karyawan hal ini ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 4,650> 1,999 atau nilai sig t (0,000) < α = 0.05 maka Pelatihan Kerja Karyawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian pengujian menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Pengaruh secara simultan dari Pendidikan dan Pelatihan Kerja Karyawan terhadap Prestasi Kerja Karyawan dapat dilihat dari F hitung > F tabel yaitu 48,331 > 3,145 atau nilai sig F (0,000) < α = 0.05 maka hal ini menunjukkan ada pengaruh secara simultan dari Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja karyawan. Dengan demikian pengujian menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Pendidikan (X1) dan Pelatihan (X2) berpengaruh positif terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Y). Dengan kata lain, apabila bahwa Pendidikan (X1) dan Pelatihan (X2) meningkat maka akan diikuti peningkatan Prestasi Karyawan (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/216/051604911
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2016 09:03
Last Modified: 19 Jul 2016 09:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118512
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item