Analisis Teknikal Dengan IndikatorMoving Average Convergence Divergence Untuk Menentukan Sinyal Membeli dan Menjual Dalam Perdagangan Saham (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bur

Asthri, DianDwiParama (2016) Analisis Teknikal Dengan IndikatorMoving Average Convergence Divergence Untuk Menentukan Sinyal Membeli dan Menjual Dalam Perdagangan Saham (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keakuratan analisis teknikal dengan indikator Moving Average Convergence Divergence untuk menentukan sinyal membeli dan menjual dalam perdagangan saham. MACD adalah indikator yang digunakan untuk menunjukkan trend yang sedang terjadi dan untuk mengetahui kapan waktu untuk membeli dan menjual. Sinyal membeli dan menjual yang didapat dihasilkan dari perpotongan antara garis MACD dan garis sinyal dengan format MACD standar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013- 2015. Teknik pemilihan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, diperoleh 7 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa grafik pergerakan harga saham dan harga saham perusahaan yang diperoleh dari BEI untuk perusahaan sub sektor makanan dan minuman tahun 2013-2015. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis komparatif. Konsep pada penelitian ini adalah mencari sinyal membeli dan menjual sesudah MACD yaitu sinyal yang dihasilkan dari MACD dan sinyal membeli dan menjual sebelum MACD yaitu sinyal yang dihasilkan dari titik tertinggi terendah terdekat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sinyal membeli dan menjual sebelum MACD dan sinyal membeli dan menjual sesudah MACD tidak berbeda secara signifikan. Format MACD yang digunakan adalah format standar yaitu dengan garis MACD yang didapat dari EMA 26 hari dikurangi 12 hari dan garis sinyal yang didapat dari EMA 9 hari, sehingga didapatkan hasil sinyal membeli dan menjual yang akurat dan dapat dijadikan pedoman dalam perdagangan saham. EMA (Exponential Moving Average) adalah indikator yang digunakan untuk menentukan support dan resistance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/186/051604649
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2016 10:39
Last Modified: 18 Jul 2016 10:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118479
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item