Khoirudin, Miftah (2016) Penerapan Green Marketing pada upaya Membentuk Brand Image dalam Menciptakan Corporate Image Go Green, (Studi pada PT Cabot Indonesia, Jakarta),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan dalam dunia industri semakin ketat khususnya dalam industri manufaktur. Keadaan alam yang semakin hari makin memburuk menjadikan suatu tekanan tersendiri agar para pelaku industri manufaktur lebih ramah lingkungan dalam proses kegiatan bisnis untuk berlomba-lomba mendapatkan citra perusahaan ramah lingkungan. Cabot Corp. merupakan perusahaan manufaktur multinasional, bukan hanya kepentingan perusahaan yang menjadi perhatian namun permasalahan lingkungan sudah menjadi fokus tersendiri dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya. PT Cabot Indonesia merupakan bagian dari Cabot Corp. yang lingkup usahanya mencakup south asia pacific. Bentuk peduli terhadap lingkungan yang dilakukan oleh PT Cabot Indonesia yaitu dengan menerapkan green marketing. Penciptaan corporate image go green dilakukan oleh PT Cabot Indonesia dengan pembentukan brand image melalui penerapan green marketing. Green marketing layak dilakukan oleh PT Cabot Indonesia karena agar seluruh bentuk kegiatan yang dijalankan lebih aware terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana proses penerapan green marketing PT Cabot Indonesia sebagai upaya membentuk brand image? (2) Bagaimana brand image green marketing PT Cabot Indonesia dalam menciptakan corporate image go green? Sumber data penelitian ini adalah informan, dokumen, serta tempat dan peristiwa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses green marketing menurut Peattie yang terbagi menjadi 7 penerapan internal dan 7 penerapan eksternal serta 4 indikator suksesnya penerapan green marketing, hanya tidak tercantum kebijakan yang mendukung penerapan green marketing didalam penerapan internal yang dijalankan oleh PT Cabot Indonesia, melainkan kebijakan masuk ke dalam proses kegiatan yang ramah lingkungan karena PT Cabot Indonesia beranggapan kebijakan merupakan bagian yang ada didalam setiap proses kegiatan bisnis yang dilakukan oleh PT Cabot Indonesia (2) Faktor pembentuk brand image PT Cabot Indonesia dari proses penerapan green marketing antara lain: portofolio Cabot, pengembangan logo Cabot, identitas verbal, dan identitas visual. Lalu penciptaan corporate image PT Cabot Indonesia melalui penghargaan, peningkatan revenue, vii peningkatan saham, berkurangnya biaya produksi, dan pencapaian tujuan tentang industri ramah lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/182/051604645 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 09:27 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 09:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118475 |
Actions (login required)
View Item |