Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional (Studi pada Karyawan KSP Sumber Dana Mandiri Gresik),

Pratama, ErvandaWildam (2016) Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional (Studi pada Karyawan KSP Sumber Dana Mandiri Gresik),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KSP Sumber Dana Mandiri Gresik, dalam mempertahankan karyawan yang ada serta meningkatkan kinerja untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi, tingkat pemberian kompensasi yang sesuai dengan harapan karyawan dan rasa puas karyawan terhadap kondisi lingkungan kerja dapat memotivasi karyawan berkomitmen untuk tetap tinggal di dalam perusahaan. Karyawan yang memiliki komitmen kuat terhadap organisasi akan melibatkan diri secara aktif demi kemajuan perusahaan, dan menerima tujuan dan nilai-nilai yang ada didalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel Kompensasi Karyawan (X1) dan Kepuasan Kerja Karyawan (X2) secara parsial dan simultan terhadap Komitmen Organisasional Karyawan (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden di KSP Sumber Dana Mandiri Gresik. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F dengan bantuan SPSS v. 19.0.0. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh parsial variabel Kompensasi Karyawan (X1) terhadap Komitmen Organisasional Karyawan memiliki nilai statistik thitung > ttabel yaitu 3,175 > 2,05183 dan koefisien regresi sebesar 0,726 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh parsial yang signifikan Kompensasi Karyawan terhadap Komitmen Organisasional karyawan. Pengaruh parsial variabel Kepuasan Kerja Karyawan (X2) terhadap Komitmen Organisasional Karyawan (Y) memiliki nilai statistik thitung > ttabel yaitu 3,006 > 2,05183 dan koefisien regresi sebesar 0,377 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh parsial yang signifikan Kepuasan Kerja Karyawan (X2) terhadap Komitmen Organisasional Karyawan (Y). Secara simultan variabel bebas Kompensasi Karyawan (X1) dan Kepuasan Kerja Karyawan (X2) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat Komitmen Organisasional Karyawan (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 13,753 dan nilai Ftabel sebesar 3,35, karena Fhitung > Ftabel dan signifikansi sebesar 0,000 < α (0.05) yang artinya variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat. Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel bebas Kompensasi Karyawan (X1) dan Kepuasan Kerja Karyawan (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat Komitmen Organisasional Karyawan (Y) secara parsial dan simultan. Dari kedua variabel bebas tersebut yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel terikat Komitmen Organisasional Karyawan (Y) adalah Kompensasi Karyawan dengan memiliki nilai t dan koefisien beta paling besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/166/051604419
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jul 2016 09:33
Last Modified: 14 Jul 2016 09:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118457
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item