Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kesadaran Wajib Pajak dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP P

Kurniati, DefantrisHari (2016) Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kesadaran Wajib Pajak dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP P. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembiayaan kegiatan pemerintah dan pembangunan yang semakin lama semakin bertambah seiring dengan peningkatan jumlah dan kebutuhan masyarakat maka diperlukan peningkatan penerimaan negara. Penerimaan pajak memiliki peran yang sangat vital, kehidupan negara tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa sektor pajak. Tingkat kepatuhan Surat Pemberitahuan (SPT) merupakan syarat utama bagi tercapainya target penerimaan pajak maka diperlukan upaya dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk mengisi dan menyampaikan SPT dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap kesadaran wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan. Jenis Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 400 responden wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Blitar dengan instrumen penelitian kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Perpajakan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Kesadaran Wajib Pajak dalam Menyampaikan SPT Tahunan. Hal ini dibuktikan bahwa Fhitung 96.185 sebesar > Ftabel sebesar 3,03, dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai R pada penelitian sebesar 0,571 yang menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan terhadap kesadaran wajib pajak. Nilai adjusted R2 square sebesar 0,323 = 32,3%. Angka 32,3% memiliki arti bahwa variabel pengetahuan perpajakan dan kualitas pelayanan mempengaruhi kesadaran Wajib Pajak sebesar 32,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara variabel Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kesadaran Wajib Pajak dalam Menyampaikan SPT Tahunan. Variabel Kualitas Pelayanan merupakan variabel dominan dalam penelitian ini. Dengan demikian diharapkan pihak KPP Pratama Blitar terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/160/051604399
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jun 2016 09:11
Last Modified: 29 Jun 2016 09:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118451
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item