Maria, HaniAm (2016) Analisis Audit Operasional untuk Menilai Efisiensi, Efektivias, dan Ekonomisasi Fungsi Pemasaran (Studi pada PT Padmatirta Wisesa Depo Karangploso - Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional atas fungsi pemasaran pada PT Padmatirta Wisesa Depo Karangploso-Kabupaten Malang, selain itu mengetahui respon manajemen terhadap rekomendasi yang diberikan atas audit operasional yang telah dilakukan, dan mengetahui peran audit operasional terhadap pencapaian fungsi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan audit operasional atas fungsi pemasaran yaitu audit pendahuluan, review dan pengujian atas pengendalian manajemen perusahaan, audit lanjutan (pemeriksaan terinci), pelaporan, dan tindak lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan audit sesuai dengan tahapan audit yang ada, akan tetapi tidak mencakup semua komponen yang ada di lingkup pemasaran. Hal tersebut mempengaruhi hasil audit operasional yang telah dilakukan sehingga kurang memiliki peran terhadap pencapaian fungsi pemasaran. Apabila audit operasional atas fungsi pemasaran dilakukan dengan mencakup enam komponen yang ada di lingkup pemasaran maka diperoleh hasil sebagai berikut: terjadinya inefisiensi pada salah satu strategi pemasaran yaitu proses pembelian 1 x 24 jam karena tidak memliki batasan waktu permintaan pembelian dan tidak adanya armada khusus. Terjadinya inefisiensi pada pencapaian penjualan yang pada tahun 2014 mengalami penurunan menjadi sebesar 638.607 karton. Terjadinya inefisiensi pada produktivitas pemasaran karena menurunnya profit yang diperoleh pada tahun 2014. Terjadinya inefisiensi pada sistem manajemen pemasaran dalam mengumpulkan informasi terkait kepuasan pelanggan karena kurangnya partisipasi dan kontribusi dari pelanggan. PT Padmatirta Wisesa Depo Karangploso-Kabupaten Malang sebaiknya memperhatikan kembali sistem dan strategi pemasaran yang akan digunakan dalam kegiatan pemasaran dan penjualan, selain itu audit operasional atas fungsi pemasaran yang dilakukan sebaiknya dilakukan secara menyeluruh dengan mencakup enam komponen yang ada di lingkup pemasaran, dengan tujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil kinerja fungsi pemasaran secara efisien, efektif, dan ekonomis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/155/051604322 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 14:25 |
Last Modified: | 13 Jul 2016 14:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118445 |
Actions (login required)
View Item |