Penyesuaian Laporan Keuangan Komersial berdasarkan Audit Deductible Expenses sebagai Upaya Tax Planning dalam Penyusunan Laporan Keuangan Fiskal (Studi PT XYZ di Jakarta),

WasismoyoIB, Sundaru (2016) Penyesuaian Laporan Keuangan Komersial berdasarkan Audit Deductible Expenses sebagai Upaya Tax Planning dalam Penyusunan Laporan Keuangan Fiskal (Studi PT XYZ di Jakarta),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tax planning merupakan upaya memperoleh laba yang setinggi tingginya dengan biaya pajak yang serendah – rendahnya. Tax planning sangat berguna dalam penekanan Pajak Penghasilan. Tax planning sangat berhubungan erat dengan mekanisme penyusunan laporan keuangan. Banyak alternatif yang dapat dilakukan perusahaan dalam upaya tax planning khususnya dalam melakukan penyesuaian biaya pada laporan keuangan komersial yang bertujuan untuk menekan laba fiskal sehingga pajak yang ditanggung perusahaan lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen biaya yang perlu dilakukan tax planning serta mengetahui upaya tax planning yang dapat dilakukan perusahaan dalam penyesuaian laporan keuangan komersial untuk menekan laba pada laporan keuangan fiskal. Penelitian ini mengambil studi pada PT XYZ. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif Analitis melalui metode pengumpulan data studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah perhitungan rasio pendapatan final, perhitungan biaya perbaikan dan perawatan final, serta perhitungan pasal 31E. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa adanya upaya tax planning PT XYZ dengan melakukan penyesuaian biaya pada laporan keuangan dapat menekan jumlah pajak kurang bayar yang seharusnya ditanggung perusahaan hal ini dikarenakan jumlah biaya fiskal yang ditanggung PT XYZ meningkat dibandingkan biaya fiskal sebelum tax planning. Berdasarkan Laporan Keuangan PT XYZ terdapat komponen biaya yang harus diidentifikasi agar biaya tersebut dapat dibebankan secara fiskal. Upaya tax planning yang dapat dilakukan PT XYZ yaitu dengan mengalihkan biaya sumbangan menjadi biaya lain - lain dan/atau tunjangan kesejahteraan serta memaksimalkan pembebanan biaya deductible. PT XYZ perlu meninjau kembali atas pembebanan biaya non deductible untuk memastikan kemungkinan adanya biaya yang seharusnya dapat dibebankan namun dilakukan koreksi. PT XYZ sebaiknya memastikan upaya tax planning yang dapat diambil agar biaya pajak yang ditanggung PT XYZ lebih rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/148/051604210
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Jul 2016 09:56
Last Modified: 01 Jul 2016 09:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118437
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item