Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk),

Rachmandika, Iman (2016) Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan membutuhkan aspek sumber daya manusia untuk kemajuan perusahaannya, perusahaan perlu memberikan kompensasi yang adil agar karyawan bekerja dengan baik, kompensasi dibedakan menjadi dua yaitu kompensasi finansial dan kompensasi non finansial. Pemberian kompensasi yang baik menimbulkan kepuasan yang menyebabkan kinerja karyawan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan kompensasi finansial, kompensasi non finansial dan kepuasan kerja karyawan (2) mengetahui dan menganalisis secara parsial dan simultan kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research , dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan kepada 101 karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis linear berganda dibantu dengan komputer program SPSS 23.0.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat digambarkan bahwa masing-masing total jawaban responden tentang kompensasi finansial (X1), mempunyai rata-rata nilai sebesar 4,03. Pada variabel kompensasi non finansial (X2) menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,02. Pada variabel kepuasan kerja karyawan (Y) mempunyai total nilai rata-rata sebesar 4,04. Hasil analisis berganda menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel kompensasi finansial (X1) dan kompensasi non finansial (X2), mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji simultan diperoleh signifikansi F sebesar 0,000 < 0,005 dan mampu memberikan kontribusi terhadap variabel kepuasan kerja karyawan (Y) sebesar 59,1%, sisanya 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kompensasi finansial (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y) ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,003 < α = 0,05. Kompensasi non finansial (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y) ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,00 < α = 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/136/051604198
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2016 12:22
Last Modified: 30 Jun 2016 12:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118424
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item