Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior dan Kepuasan Kerja (Studi pada Tenaga Perawat RSUD. Dr. Saiful Anwar Malang),

Arifiani, RatyaShafira (2016) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior dan Kepuasan Kerja (Studi pada Tenaga Perawat RSUD. Dr. Saiful Anwar Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja, kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior,kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior, dan pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 72 perawat di RSUD. Dr. Saiful Anwar Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan uji t sebagai pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dengan thitung 3,047 > t tabel dengan signifikansi 0,003. Kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan t hitung -0,703 < t tabel , kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan nilai t hiung 3,054 > t tabel dan kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh tidak langsung terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/133/051604195
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2016 09:57
Last Modified: 25 Mar 2022 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118421
[thumbnail of RATYA SHAFIRA ARIFIANI.pdf]
Preview
Text
RATYA SHAFIRA ARIFIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item