Pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek Hijau serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Strata-1 Angkatan 2012/2013 dan 2013/2014 Fakultas Ilmu

Agustina, RinaDwi (2016) Pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek Hijau serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Strata-1 Angkatan 2012/2013 dan 2013/2014 Fakultas Ilmu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek Hijau. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Citra Merek Hijau terhadap Keputusan Pembelian. (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasa (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Strata-1 angkatan 2012/2013 dan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang menggunakan produk tisu merek Tessa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket secara langsung di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Pemasaran Hijau berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Citra Merek Hijau. (2) variabel Citra Merek Hijau berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) variabel Pemasaran Hijau berpengaruh langsung dan signifika terhadap Keputusan Pembelian. Dapat disimpulkan bahwa Pemasaran Hijau mempengaruhi Citra Merek Hijau dan Keputusan Pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, sebaiknya produsen tisu Tessa terus mempertahankan program pemasaran hijau yang diusung dengan ditunjang untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Hal ini akan membentuk citra merek ramah lingkungan pada produk sehingga berdampak pada keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/131/051604193
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2016 09:27
Last Modified: 30 Jun 2016 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118419
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item