Penerapan E-Filing Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpajakan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang)

Ramdhani, MochRizal (2016) Penerapan E-Filing Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpajakan (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak merupakan organisasi publik yang mengutamakan pelayanan, hal itu dimulai dengan melakukan modernisasi sistem perpajakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayan perpajakan.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi diberbagai bidang telah memberikan kemudahan dalam beberapa aspek kehidupan.Penggunaan teknologi informasi dinilai lebih efisien karena dapat mempercepat penyampaian informasi, jangkauan yang global dan transparansi.Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, juga mempengaruhi instansi-instansi pemerintah, tak terkecuali pada sector perpajakan.Modrnisasi administrasi perpajakan terus dilakukan demi terciptanya pelayanan prima.Berangkat dari pernyataan diatas untuk mempermudah dan untuk meningkatkan penerimaan dari sektor pajak, Direktorat Jenderal Pajakmemberikan suatu bentuk pelayanan yang memudahkan dan memberikan keefisienan waktu kepada Wajib Pajak dengan memanfaatkan tekhnologi informasi yaitu e-filing yang dapat diakses oleh Wajib Pajak dimanapun ia berada, fasilitas e-filing secara otomatis dapat digunakan untuk melaporkan SPT tanpa harus datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), sehingga pelayanan perpajakan bisa dijangkau oleh wajib pajak yang berada jauh dari kantor pajak guna mendapatkan fasilitas pelayanan dan kemudahan dalam penyampaian pelaporan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan e-filing dalam meningkatkan kualitas pelayanan perpajakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif, menggunakan pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Penerapan e-filing pada KPP Madya Malang ditinjau dari 5 dimensi kualitas pelayanan Tangiable (Berwujud), Relibility (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). (2) Kualitas Pelayanan penpajakan di KPP Madya Malang sebelum dan sesudah adanya e-filing. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan e-filing pada KPP Madya Malang. Pelayanan perpajakan melalui e-filing mampu meningkatkan kesadaran pajak pada masyarakat khususnya para Wajib Pajak, terbukti degan meningkatnya jumlah pelaporan SPT setiap tahunnya dibandingkan dengan tahun sebelum menggunakan fasilitas e-filing.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Pelayanan perpajakan melalui e-filing mampu meningkatkan kualitas pelayanan perpajakan hal ini terbukti dari meningkatnya kesadaran pajak pada masyarakat khususnya para Wajib Pajak, terbukti degan meningkatnya jumlah pelaporan SPT setiap tahunnya dibandingkan dengan tahun sebelum menggunakan fasilitas e-filing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1269/051703548
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 04 May 2017 10:58
Last Modified: 04 May 2017 10:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118407
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item