Upaya Pemerintah Daerah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Melalui Program Kawasan Minapolitan (Studi Pada Dinas Perikanan dan Kelautan serta Desa Kalibuntu Kabupaten Probolinggo),

Rusli, MArif (2016) Upaya Pemerintah Daerah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Melalui Program Kawasan Minapolitan (Studi Pada Dinas Perikanan dan Kelautan serta Desa Kalibuntu Kabupaten Probolinggo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sesuai PERMEN No 12 tahun 2010 tentang Minapolitan, yakni sebagai konsepsi pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip terintegrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan. Kawasan Minapolitan adalah suatu bagian wilayah yang mempunyai fungsi utama ekonomi yang terdiri dari sentra produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan, pelayanan jasa, dan atau kegiatan pendukung lainnya. Desa Kalibuntu merupakan Desa yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan yang masuk dalam program Minapolitan. Masyarakat Desa Kalibuntu mengalami diverivikasi profesi pada saat musim paceklik. Upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dalam peningkatan hasil perikanan tangkap untuk meningkatkan ekonomi menjadi aspek yang harus di teliti dalam mengkaji upaya pemerintah dalam Program Minapolitan. Penggunaan Teori dalam mengkaji permasalah tersebut adalah peranan administrasi publik sebagai ilmu yang berlokus pada Publik Interst dan Kesejahteraan Sosial sebagai tolak ukur untuk menentukan kesejahteraan masyarakat Desa Kalibuntu. Konsep Minapolitan menjadi landasan berpikir peneliti untuk melihat penerapan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Probolinggo dalam mengupayakan Kesejahteraan masyarakat pesisir. Metode Penelitian yang digunakan peniliti adalah metode penelitian Kualitatif dengan instrumen kunci Purpose dan Snowball. Metode analisis yang dipakai adalah analisis data Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data berdasarkan pada Wawancara dengan informan serta observasi tempat yang diteliti. Upaya pemerintah Kabupaten Probolinggo Khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) pada masyarakat pesisir di Desa Kalibuntu dengan memberikan bantuan kepada nelayan berupa sarana dan prasarana, namun apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Desa Kalibuntu masih belum terpenuhi dari segi hasil tangkap kelautan untuk memenuhi kebutuhan perekonomian masyarakat pesisir. Sosialisasi terkait Program Minapolitan masih belum dipahami secara mendalam oleh Masyarakat Desa Kalibuntu. Hal ini dikarenakan masyarakat Desa tidak ada yang mengerti mengenai Program Kawasan Minapolitan. Program Kawasan Minapolitan yang di upayakan pemerintah daerah Kabupaten Probolinggo masih belum maksimal dalam penerapannya. Hal ini dilihat dari kurang mengertinya masyarakat Desa Kalibuntu tentang Program Kawasan Minapolitan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1264/051703064
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Mar 2017 11:17
Last Modified: 27 Mar 2017 11:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118403
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item