Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Winner of Sustainability Reporting Awards (SRA) 2015 di PT BEI Periode 2010-2014),

Bhernadha, Yhovita Anggie (2016) Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Winner of Sustainability Reporting Awards (SRA) 2015 di PT BEI Periode 2010-2014),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan untuk mensejahterakan perusahaan sendiri, komunitas setempat, masyarakat pada umumnya, dan lingkungan. Kinerja keuangan adalah pencapaian prestasi perusahaan pada suatu periode yang mencerminkan kondisi keuangan suatu perusahaan berdasarkan sasaran, standar, dan kriteria yang ditetapkan untuk mengetahui tingkat likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan stabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan Winner of Sustainability Reporting Awards (SRA) 2015 di PT BEI periode 2010-2014. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah CSR (X) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah ROA (Y1), ROE (Y2). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi BEI dan website resmi perusahaan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Winner of Sustainability Reporting Awards (SRA) 2015 yang mempublikasikan laporan keberlanjutan (sustainability report) secara lengkap dan listing di PT BEI pada periode 2010-2014. Ada dua analisis data dalam penelitian ini, yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis Inferensial terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap ROA (Return on Assets) dengan nilai t-hitung 3,069 pada tingkat signifikansi 0,004 dan nilai koefisien determinasi sebesar 19,7%. Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE (Return on Equity) dengan nilai t-hitung 1,974 pada tingkat signifikansi 0,057 dan nilai koefisien determinasi sebesar 7,6%. Pemerintah hendaknya menetapkan regulasi yang tegas dan jelas mengatur pembuatan sustainability report bagi perusahaan di Indonesia. Perusahaan sebaiknya menyediakan sustainability report untuk memberi informasi pengungkapan CSR yang lebih jelas dan memadai. Penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan penelitian. Investor diharapkan untuk tidak sekedar melihat hasil akhir dari laporan keuangan saja, namun juga melihat sustainability report.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1263/051702996
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Mar 2017 11:10
Last Modified: 04 Feb 2022 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118402
[thumbnail of Yhovita Anggie Bhernadha.pdf]
Preview
Text
Yhovita Anggie Bhernadha.pdf

Download (18MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item