Implementasi Program Shodaqoh Oksigen Sebagai Perwujudan Tanggung Jawab Di Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup (Studi Terhadap Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Shodaqoh Oksigen)

Putri, RafikaIrmaya (2016) Implementasi Program Shodaqoh Oksigen Sebagai Perwujudan Tanggung Jawab Di Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup (Studi Terhadap Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Shodaqoh Oksigen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah terus mengupayakan adanya keseimbangan pembangunan dengan kelestarian lingkungan hidup. Salah satu bentuk upaya tersebut tertuang dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam tataran pemerintah daerah, Kabupaten Banyuwangi berupaya melestarikan dan meninggkatkan kualitas lingkungan hidupnya yang telah menurun akibat pencemaran yang berkembang, terutama terkait dengan pencemaran udara. Upaya tersebut diwujudkan melalui Program Shodaqoh Oksigen, melalui program tersebut, pemerintah bersama lintas elemen mengintensifkan penanaman pohon. Program tersebut sebagai wujud komitmen bersama untuk terus menjaga lingkungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Badan Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Banyuwangi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif. Dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif peneliti akan lebih mudah menggambarkan dan mendeskripsikan fenomena yang berkenaan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program Shodaqoh oksigen sebagai wujud tanggung jawab dibidang pelestarian lingkungan hidup di Kabupaten Banyuwangi telah diimplementasikan bahkan sudah berjalan cukup baik tetapi belum mencapai tujuan seacara maksimal. Tujuan utama yakni peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya terutama merawat dan menumbuhkan pohon masih belum maksimal. Antusiasme tinggi pada saat penanaman namun sebagian menurun pada saat periode perawatan tanaman. Hal tersebut memperlihatkan masyarakat tetap membutuhkan arahan dan motivasi dari pemerintah ketika program ini memasuki periode perawatan tanaman. Namun terlepas dari hal tersebut, program inovatif yang digagas oleh pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi telah membawa suatu perubahan berupa peningkatan kualitas lingkungan hidup khususnya kualitaas udara. Diterapkan mulai awal tahun 2014 sangat terlihat perbedaan hijaunya wilayah perkotaan banyuwangi dan berkuranya lahan kritis dari tahun ke tahun. Pihak Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui SKPD yang telah ditunjuk harus meningkatkan sosialisasi dan lebih pro aktiv untuk melakukan peninjauan langsung agar bisa mengetahui lebih jelas kondisi yang ada sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ukur untuk mengetahui keberhasilan dari program ini di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1262/051702847
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2017 11:16
Last Modified: 20 Mar 2017 11:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118401
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item