Implementasi Layanan Inovasi SAMSAT Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tulungagung),

LeliArdiani (2016) Implementasi Layanan Inovasi SAMSAT Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tulungagung),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya keinginan masyarakat atas pelayanan yang berkualitas yang diberikan oleh pemerintah. Untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas maka pemerintah perlu melakukan inovasi dari sektor publik, salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan inovasi pelayanan. Kantor Bersama SAMSAT merupakan instansi yang dalam kegiatannya berkoordinasi dengan tiga instansi yaitu Kepolisian Daerah, UPT Dinas Pendapatan Provinsi dengan PT. Jasa Raharja (Persero). Untuk memberikan pelayanan yang berkualitas Kantor Bersam SAMSAT menerbitkan layanan inovasi yang berorientasi pada masyarakat khususnya Wajib Pajak kendaraan bermotor yaitu layanan inovasi SAMSAT Keliling. Layanan inovasi ini bertujuan untuk memudahkan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya khususnya Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini dilakukan pada layanan SAMSAT Keliling Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu menafsirkan fenomena yang terjadi. Penelitian ini memfokuskan pada tiga hal yaitu (1) Penerapan layanan inovasi SAMSAT Keliling dalam upaya meningkatkan kemudahan pelayanan bagi Wajib Pajak memenuhi kewajiban perpajakannya, (2) faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan layanan inovasi SAMSAT Keliling Kabupaten Tulungagung, (3) Penerimaan kas Pajak Kendaraan Bermotor layanan inovasi SAMSAT Keliling Kabupaten Tulungagung Hasil penelitian menunjukkan penerapan layanan inovasi SAMSAT Keliling sesuai dengan Pelayanan publik menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M-PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik yaitu tentang standar pelayanan publik. Mayoritas Wajib Pajak merasa puas akan adanya layanan inovasi SAMSAT Keliling karena dianggap memudahkan Wajib Pajak. Selain itu penerimaan kas Pajak Kendaraan Bermotor layanan inovasi SAMSAT Keliling juga turut menunjang penerimaan kas Pajak Kendaraan Bermotor Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/125/051603840
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jun 2016 10:36
Last Modified: 27 Jun 2016 10:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118387
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item