Implementasi Rencana Strategis Program Pembangunan Angkutan Umum Berbasis Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta (Studi Tentang Pengelola Transjakarta Busway)

Hadi, SangkotPrakoso (2016) Implementasi Rencana Strategis Program Pembangunan Angkutan Umum Berbasis Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta (Studi Tentang Pengelola Transjakarta Busway). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemacetan di DKI Jakarta telah menjadi masalah yang menahun dan harus ditanggulangi. Karena transportasi yang baik akan mempengaruhi cepat atau lambatnya suatu pembangunan. Pada tahun 2004, dibuatlah sebuah alat transportasi umum berbasis bus yang termanajemen dengan baik yaitu Transjakarta. Setiap program yang berjalan, pemerintah harus membuat perencanaan yang strategis, salah satu bentuk dokumen perencanaan tersebut adalah Renstra (Rencana Strategis) yang berjangka waktu lima tahun. Tulisan ini akan membahas tetang Renstra Dinas Perhubungan periode tahun 2013-2017 yang akan menjawab bagaimana implementasi Renstra Program Pembangunan Angkutan Umum Berbasis Jalan dan juga apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasinya. Penelitian yang menggunakan teori dari para ahli dalam menilai sebuah implementasi program seperti teori implementasi program dan komponen pendukung dan penghambat implementasi. Setelah melakukan penelitian dilapangan, ditemukan fakta-fakta mengenai implementasi dari program dinas perhubungan angkutan umum berbasis jalan yang ditujukan untuk pembangunan Transjakarta telah berjalan, namun masih mengalami kendala yang menyebabkan penurunan kualitas pelayanan yang berdampak pada berkurangnya minat penumpang untuk menggunakan Transjakarta.Usaha penambahan armada terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan operasional, peningkatan koordinasi dengan pihak terkait seperti PGN, Pertamina dan Kepolisian, dan peningkatan fasilitas juga terus dilakukan seperti pembangunan shelter, penambahan koridor baru, serta penggunaan sistem e-ticketing. Perubahan bentuk Transjakarta menjadi PT (Perseroan Terbatas) menajdi langkah yang positif dan sesuai dengan perencanaan dalam Renstra dalam peningkatan pengelolaan manajemen dan anggaran. Transjakarta menjadi harapan bagi transportasi DKI Jakarta pada sektor transportasi darat yang berdampingan dengan angkutan umum lain yaitu KRL, dan MRT nantinya. Diperlukan kesinergisan antar alat transportasi untuk menanggulangi kemacetan yang ada di Ibukota. Renstra yang telah dibuat harus dicapai targetnya dengan terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan. Penambahan armada, koordinasi antar pihak terkait, juga pengelolaan manajemen harus terus ditingkatkan agar pengguna kendaraan pribadi, beralih menggunakan kendaraan umum seperti Transjakarta Busway.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1242/051702549
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Mar 2017 08:59
Last Modified: 13 Mar 2017 08:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118379
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item