Chrisnathaniel, HendyCarol (2016) Analisis Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Dalam Menciptakan Ruang Pasar Baru”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di dalam kemajuan globalisasi, pembisnis sering terjebak untuk saling bersaing di pasar persaingan (red ocean). Pandangan ini ditolak dengan pandangan yang diutarakan Kim tentang blue ocean strategy yang memandang persaingan sudah tidak relevan dan saatnya pembisnis untuk menciptakan ruang pasar baru (blue ocean). Pandangan ini baik digunakan oleh seluruh keadaan perusahaan tanpa kecuali industri gula. Di lain pihak industri gula saat ini mengalami persaingan yang tinggi mulai hadirnya persaingan dengan industri milik negara (BUMN), swasta dan bahkan pihak luar negeri yang ambil hadir dalam pasar persaingan gula. Keadaan ini menuntut perusahaan untuk bekerja lebih keras untuk menciptakan ruang pasar baru (blue ocean) dari segala aspek keadaan industri. PT Kebon Agung sebagai subjek penelitian ini merupakan salah satu industri gula yang dikategorikan sukses dalam menciptakan ruang pasar baru bahkan sampai di tingkat internasional yaitu Jepang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bisnis yang dimiliki oleh PT Kebon Agung dalam menciptakan ruang pasar barunya blue ocean strategy di tingkat internasional serta mengevaluasi penciptaan ruang pasar baru tersebut guna menentukan blue ocean strategy yang tepat. Lokasi yang dipilih sebagai tempat penelitian ini difokuskan di bagian manajemen direksi di PT Kebon Agung Jalan Raya Margorejo Indah Kav. A 131 – 132, Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan model exploratory Sequential Mixed Methods. Sedangkan untuk sumber datanya menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan pendekatan blue ocean strategy miliki Kim yang meliputi analisis bisnis, analisis 6 prinsip blue ocean strategy, menemukan temuan blue ocean strategy PT Kebon Agung, Analisis kerangka kerja empat langkah, kanvas strategi baru, evaluasi blue ocean strategy, dan mengevaluasi dengan rangkaian strategi samudra biru. Hasil penelitian ini menunjukkan blue ocean strategic dapat dijadikan alternatif strategi bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Hasil temuan Blue ocean strategy yang ditemukan di PT Kebon Agung adalah ampas pellet yang dapat digunakan sebagai pupuk organik dan bahan bakar alternatif yang dapat membuka ruang pasar baru hingga di pasar internasional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1227/051702200 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 13:33 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 13:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118363 |
Actions (login required)
View Item |